SEKOLAH MENENGAH KRISTEN DI JEMBER

Debra Viorentina Viorentina

Abstract


Sekolah Menengah Kristen di Jember merupakan sebuah fasilitas Pendidikan formal untuk mewadahi kebutuhan remaja dalam rentang usia 11-18 tahun yang tergolong siswa SMP dan SMA dengan memberikan kurikulum pendidikan akademik sesuai dengan ketetapan pemerintah.
Pendekatan sistem digunakan agar fungsi bangunan dengan banyak masa dapat tertata pada zonanya masing-masing, serta mewujudkan suasana ruang yang dapat menunjang metode pembelajaran secara aktif, pasif, maupun interaktif. Terdapat beberapa pendekatan sistem yang menjadi focus dalam proyek ini, meliputi sistem struktur, sistem zoning, sistem spasial, sistem sirkulasi dan sistem utilitas.
Fasilitas yang disediakan meliputi zona pembelajaran (ruang kelas, ruang diskusi, laboratorium, perpustakaan), zona administrasi (tata usaha, ruang rapat, ruang yayasan), dan fasilitas penunjang (amphitheater, lapangan olahraga, kafetaria, dan multifunction hall).
Pendalaman shading dipilih untuk mewujudkan suasana ruang dalam yang nyaman sehingga dapat mendukung proses pembelajaran baik secara kognitif, afektif, motoric dan spiritual.


Keywords


aktif, interaktif, pasif, pendekatan sistem, sekolah menengah

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :