Fasilitas Wisata Edukasi Pengolahan Eceng Gondok di Rawa Pening, Kabupaten Semarang

Gracia Ayu Permatasari

Abstract


Fasilitas Wisata Pengolahan Eceng Gondok di Rawa Pening, Kabupaten Semarang merupakan sebuah gagasan setelah melihat kenyataan yang ada, yaitu kondisi Rawa Pening yang dipenuhi eceng gondok mengurangi keindahan area wisata dan adanya potensi eceng yang masih kurang diketahui oleh masyarakat umum. Proyek diharapkan dapat menjadi sarana edukasi mengenalkan secara luas potensi eceng gondok yang dapat diolah menjadi olahan kerajinan, olahan kuliner, dan olahan biogas dan sekaligus juga menjadi area wisata alam pendukung Rawa Pening. Fasilitas ini dilengkapi fasilitas publik, yaitu area penerima, area hall info, galeri dan souvenir, cafe dan area workshop sedangkan untuk fasilitas pengolahan terdapat, kantor pengelola, area pengolahan kerajinan, area pengolahan kuliner, pengolahan biogas dan kompos dan watertreatment.
Pendekatan desain yang digunakan adalah pendekatan sistem, sistem sirkulasi dan sistem spasial dari proses produksi, pengunjung dan pengelola sebagai penentu dasar dalam pengaturan zoning dan alur sirkulasi. Dengan kebutuhan dalam menyampaikan informasi edukasi sekaligus menjadi area wisata maka pendalaman sequence dipilih sebagai acuan penerapan suasana.


Keywords


Eceng gondok, Edukasi dan Wisata, Pengolahan Kerajinan, Pengolahan Kuliner, Pengolahan Biogas dan Kompos, Rawa Pening, Semarang

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :