WISATA EDUKASI KEBENCANAAN DI SURABAYA

Natasha Eugenia Tanujaya(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Wisata Edukasi Kebencanaan di Surabaya
merupakan fasilitas edukasi non-formal berupa galeri
untuk umum dan pelatihan untuk anak SD yang
menyampaikan informasi bencana-bencana yang
dapat terjadi di Surabaya. Fasilitas ini dilengkapi
dengan taman luar yang berfungsi sebagai tempat
wisata baik bagi pengunjung maupun masyarakat
umum. Desain fasilitas ini didasari oleh pemikiran
tentang minimnya kualitas sumber daya manusia
dalam menghadapi bencana. Masalah utamanya
adalah bagaimana menciptakan sebuah fasilitas yang
dapat menyampaikan informasi kebencanaan secara
efektif dan pelatihan kebencanaan yang
menyenangkan.
Teori kognisi pendidikan dipilih sebagai
pendekatan desain dengan pendalaman karakter
ruang yang dipilih untuk mencermati kebutuhan
perilaku pengguna. Pendekatan perilaku disesuaikan
dengan kebutuhan perilaku anak dan orang dewasa
dalam menangkap edukasi yang diberikan yang
kemudian akan berpengaruh terhadap zoning, bentuk
bangunan, suasana ruang. Pendalaman karakter
ruang yang dipilih bertujuan untuk menciptakan
fasilitas pembelajaran yang nyaman, aman, serta
terdapat unsur wisata di dalamnya.


Keywords


Wisata, Edukasi, Kebencanaan, Surabaya, Perilaku, Kognisi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :