Fasilitas Penitipan dan Pelatiahan Anak di Surabaya

Samuel Christian Yulianto

Abstract


Desain fasilitas penitipan dan pelatihan anak di Surabaya didasari oleh kondisi realita anak-anak di Surabaya yang pola asuhnya terpaksa diserahkan kepada tenaga pengasuh seiring dengan semakin meningkatnya jumlah wanita karir yang ada. Namun faktanya banyak orangtua merasa tidak tenang ketika meninggalkan anak mereka. Oleh sebab itu diperlukan fasilitas penitipan anak yang dapat dipercaya,aman serta mampu mensinergikan proses belajar anak, sehingga saat mereka dititipkan disana, proses edukasi anak tetap terjamin. Adapun masalah utama yang diangkat adalah bagaimana menciptakan fasilitas penitipan yang mampu mewadahi kebutuhan edukasi dan keterampilannya.
Untuk menjawab masalah desain maka pendekatan yang diambil adalah pendekatan perilaku (perilaku anak di tiap tingkatan usia). Pendalaman yang dipilih adalah karakter ruang. Maka dari itu teori psikologi warna dibutuhkan, karena berkaitan dengan bagaimana pengaruh warna terhadap kesan ruang yang dirasakan penghuni didalamnya.
Keunikan desain pada proyek ini terletak pada desain area pelatihan yang didesain terbuka. Desain yang terbuka memungkinkan adanya interaksi dengan lingkungan dan merangsang anak menjadi lebih aktif. Disamping itu adanya pemisahan zona berdasarkan tingkatan usia berfungsi untuk menjaga agar antar tingkatan usia tidak saling mengokupasi satu sama lain.


Keywords


fasilitas penitipan, pelatihan, arsitektur perilaku, Surabaya

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :