Fasilitas Bermain dan Belajar Anak Anak dan Remaja di Surabaya

Jennie Eko Eko(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Desain Fasilitas Bermain dan Belajar untuk Anak Anak dan Remaja ini didasari oleh kondisi edukasi saat ini yang masih menggolongkan aktivitas belajar dan bermain menjadi dua aktivitas yang berbeda, sehingga masalah desain utama proyek ini adalah bagaimana menciptakan sebuah fasilitas yang menggabungkan kedua aktivitas tersebut menjadi suatu sistem pengajaran yang dapat memberikan nilai – nilai edukasi dengan cara yang menyenangkan dan menghibur bagi anak anak dan remaja terutama di kota Surabaya.
Proyek ini mengangkat masalah desain khusus yakni bagaimana membentuk sistem pembelajaran yang dapat mencakup berbagai macam jenis kegiatan sesuai dengan karakter anak anak dan remaja. Pendekatan desain yang digunakan adalah pendekatan perilaku dengan mengacu pada teori kecerdasan anak “Multiple Intelligences” oleh Howard Garner. Pendalaman karakter ruang dipilih untuk menyelesaikan kebutuhan ruang tiap aktivitas yang berbeda-beda sesuai tipe kecerdasan dan disesuaikan dengan kebutuhan anak anak maupun remaja.
Keunikan proyek ini adalah keragaman karakter ruang pada setiap jenis kecerdasan intelektual yang ada. Fasilitas ini memperhatikan keunikan tiap kecerdasan anak sebagai hakikat mendasar perancangan, sehingga terdapat delapan keunikan ruang, dimana setiap ruangnya disesuaikan dengan jenis aktivitas sesuai kecerdasan masing-masing. Elemen arsitektur yang diperhatikan adalah dimensi ruang, bentukan bukaan, plafon, ketinggian elevasi lantai, serta penggunaan ramp sebagai akses utama antar lantai yang mendukung pengguna lebih aktif beraktivitas. Pembagian sirkulasi antara anak – anak, remaja dan orang dewasa juga menjadi pertimbangan dalam pembagian zoning dan peletakkan massa bangunan.


Keywords


Bermain, Belajar, Anak - Anak, Remaja, Multi Kecerdasan, Surabaya

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :