Fasilitas Terapi dan Sekolah bagi Penyandang Autisme di Surabaya

Jessica Muljadi(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Fasilitas Terapi dan Sekolah bagi Penyandang Autisme di Surabaya merupakan fasilitas yangmewadahikegiatan pengobatan, perawatan danbelajarmengajar bagi penyandang autisme di Surabaya.Minimnya fasilitas pendidikan dan pengobatan serta mahalnya biaya sekolah dan terapi bagi penyandang autisme di Surabaya menjadi kendala yang menghambat penyandang autisme untuk mendapat pendidikan dan pengobatan yang layak. Fasilitas Terapi dan Sekolah bagi Penyandang Autisme di Surabaya akan menyediakan fasilitas terapi dan pendidikan yang layak bagi penyandang autisme agar dapat bersosialisasi dan mandiri.Agar menarik minat dan memudahkan anak autisme, tempat terapi dan sekolah ini memadukanunsur bentukan geometris, penataan sirkulasi, dan pemilihan warnaberdasarkan karakter dan minat anak autisme, baik dari segi desain eksterior hingga program ruang. Fasiitas terapi dan sekolah ini akan dilengkapi fasilitas publik, yaitu fasilitas informasi umum, galeri karya, perpustakaan, healing garden, kafetaria, gedung serbaguna; serta fasilitas utama, yaitu gedung terapi, sekolah, lapangan olahraga, laboratorium, dan tempat bermain. Pendekatan perilaku digunakan untuk memastikan sekolah dan tempat terapi yang dirancang sesuai dengan karakter dan minat penyandang autisme. Selain menarik minat penyandang autisme, fungsi ruang yang beragam dan standar kebutuhan masing-masing ruang juga menjadi tuntutan yang harus dipenuhi, sehingga dilakukan pendalaman karakter ruang.


Keywords


Terapi, Sekolah, Penyandang Autisme, Surabaya

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :