Fasilitas Eduwisata Budidaya Kelapa di Jembrana, Bali

Juniar Yusani

Abstract


Fasilitas Eduwisata Budidaya Kelapa di Jembrana, Bali merupakan fasilitas rekreasi yang mampu mengedukasi dan memperkenalkan lebih dalam mengenai kelapa, mulai dari teknik penanaman, pembersihan dan pengolahan kelapa yang akan diolah menjadi produk – produk bernilai jual tinggi, karena kelapa merupakan tanaman komersil yang hampir semua bagiannya dapat dimanfaatkan kembali.

Fasilitas ini juga memanfaatkan kebun disekitar sebagai pemasok bahan baku, mendukung keberlangsungan petani – petani kelapa yang sudah ada dan menjadi sarana tour agar pengunjung dapat belajar diperkebunan kelapa secara langsung.

Kurangnya pengelolaan mengenai informasi kelapa secara runtut, oleh sebab itu pendekatan yang digunakan dalam fasilitas ini adalah pendekatan sistem karena adanya proses – proses yang berkesinambungan, mulai dari masa panen sampai pada tahap pengolahan kelapanya. Sehingga menggunakan sirkulasi linear dan multi mass untuk membawa pengunjung dari satu tahap ke tahap selanjutnya. Selain itu dengan mendesain multi mass fasilitas ini dapat memaksimalkan potensi wisata disekitarnya dan pengolahan ruang luar bersama.

Material pada bangunan juga menggunakan material dari pohon kelapa, mulai dari atap, dinding, dan lantai, sehingga bangunan terkesan menyatu dengan sekitar dan menginformasikan kepada pengunjung bahwa bagian – bagian dari pohon kelapa juga dapat diaplikasikan sebagai material pada bangunan.


Keywords


Kelapa, budidaya, pendekatan sistem, material pohon kelapa, jembrana

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :