Sekolah Alam di Desa Silu Kupang

Stevany Wijanto(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


 

ABSTRAK

"Sekolah Alam Di Desa Sillu, Kupang" merupakan sekolah formal yang memiliki kurikulum berbeda dengan sekolah pada umumnya karena menggunakan sistem pembelajaran tematik di mana pelajaran yang satu diintegerasikan dengan pelajaran yang lain. Di Sekolah Alam, anak tidak hanya diajar secara teori tetapi juga prakteknya di lingkungan. Dengan adanya Sekolah Alam di Desa Sillu ini, diharapkan akan mencetak siswa yang mandiri dan mencintai alam serta dapat mengolah dan memanfaatkan alam dengan baik dan bertanggung jawab. Sekolah alam membawa konsep ramah, menarik dan mengoptimalkan potensi alam dan lingkungan yang ada. Oleh karena itu pendekatan yang digunakan adalah pendekatan arsitektur lingkungan, dimana perancangan memperhatikan aspek lingkungan fisik dan sosial yang ada. Pendalaman karakter ruang anak dipilih agar setiap bangunan utama memperhatikan skala anak sehingga menjadi ramah dan menarik bagi anak, serta pemilihan material yang terdapat di alam sehingga anak sudah mengenal potensi alam di Desa Sillu sejak dini.

Kata kunci : Sekolah Alam, Arsitektur Lingkungan, Anak, Desa Sillu Kupang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :