Fasilitas Terapi Seni untuk Anak Tunagrahita di Surabaya

Maggie Gondo Wardoyo(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tunagrahita merupakan sebutan untuk orang dengan
kemampuan kognitif dan intelektual berada di
bawah rata-rata, sehingga anak-anak tunagrahita
mengalami kesulitan dalam menghadapi masalah
kehidupan sehari-harinya, terutama dalam
berkomunikasi. Hal ini menunjukkan bahwa anak
tunagrahita membutuhkan terapi. Salah satu jenis
terapi, yaitu terapi seni berfungsi untuk membantu
anak untuk mengungkapkan emosinya dan sebagai
media untuk berkomunikasi. Fasilitas Terapi Seni
untuk Anak Tunagrahita di Surabaya yang dirancang
dengan pendekatan studi perilaku anak tunagrahita
ini merupakan sebuah fasilitas umum yang bertujuan
untuk memfasilitasi terapi seni untuk anak-anak
tunagrahita di Surabaya. Desain fasilitas ini
ditujukan untuk memberikan nilai terapis dalam seni
pada anak-anak tunagrahita di Surabaya. Fasilitas ini
memiliki fungsi utama sebagai tempat terapi dalam
bidang seni pada anak tunagrahita, dilengkapi
dengan galeri karya anak, area interaktif maupun
tempat bermain untuk memicu sensorik anak
tunagrahita dan sebagainya. Konsep dasar dari
perancangan ini adalah space for healing, dengan
kata lain desain dan tata ruang dalam fasilitas
disesuaikan dengan kebutuhan stimulasi anak
tunagrahita. Adapun pendalaman yang digunakan
adalah karakter ruang untuk menghasilkan
kebutuhan stimulasi untuk setiap kategori anak
tunagrahita berdasarkan DSM-5.


Keywords


Terapi Seni, Tunagrahita, Anak, Surabaya, Fasilitas, Umum, Seni, Jawa Timur, Ruang Penyembuhan, Arsitektur Penyembuhan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :