Fasilitas Pelatihan dan Pendidikan bagi Pelajar yang Putus Pendidikan di Surabaya

Henry Christian(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Fasilitas Pelatihan dan Pendidikan bagi
Pelajar yang Putus Pendidikan di Surabaya
merupakan sebuah fasilitas pendidikan informal
yang menampung anak-anak putus sekolah yang
diakibatkan karena memiliki masalah ekonomi,
sarana dan prasarana sekolah yang tidak
mendukung serta memiliki motivasi anak - anak
akan pendidikan rendah. Fasilitas ini
memberikan pendidikan secara formal serta
pelatihan keterampilan, khususnya di bidang
industri kreatif. Anak-anak ini dibekali
pendidikan dan keterampilan agar mereka
nantinya siap memasuki dunia kerja.
Jumlah anak putus sekolah di Surabaya
terus meningkat. Ketika anak-anak putus
sekolah biasanya mereka tidak ingin bersekolah
lagi, karena pandangan mereka akan sekolah itu
seperti mereka terpenjara maka dari itu, muncul
masalah desain bagaimana membuat fasilitas
pendidikan informal ini dapat mewadahi
karakter perilaku dari anak putus sekolah
sehingga kesan sekolah yang terbentuk nantinya
juga berbeda dari sekolah pada umumnya.
Melihat permasalahan dalam mendesain
fasilitas pelatihan dan pendidikan bagi pelajar
putus sekolah, maka untuk penyelesaiannya
mengunakan pendekatan arsitektur perilaku
dengan pendalaman karakter ruang. Pendekatan
perilaku ini dapat membantu pengguna fasilitas
ini menjadi nyaman dalam berkegiatan, karena
di desain sesuai dengan karakter perilaku mereka
serta suasana ruang yang terbentuk sesuai
dengan karakteristik area persebaran mereka
dahulu.


Keywords


Pelatihan, Pendidikan, Anak Putus Sekolah, Surabaya.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :