FASILITAS BELAJAR DAN BERMAIN UNTUK ANAK BALITA DAN SD DI SURABAYA

Amelia Chandra

Abstract


Desain Fasilitas Belajar dan Bermain
untuk Anak Balita dan SD di Surabaya ini
didasari oleh pengamatan kondisi anak masa kini
yang cenderung bermain gadget dikarenakan
kurangnya fasilitas belajar dan bermain yang
memadai di Surabaya. Program STEAM yang
dipilih sangat cocok untuk anak generasi kini.
Masalah desain yang diangkat adalah pemisahan
area balita dan SD sehingga anak dapat bermain
dan belajar dengan kondusif, selain itu anak juga
harus tetap merasa aman dan nyaman walaupun
tanpa dampingan orang tuanya. Pendekatan
desain yang dilakukan adalah memahami tingkah
laku dan kebiasaan anak usia balita dan SD
menurut teori Parten & Erikson. Karakter ruang
dirancang sesuai untuk aktivitas belajar dan
bermain anak. Keunikan proyek ini ada pada
sirkulasinya dimana anak balita dan anak SD
dapat berinteraksi secara visual namun tidak
secara fisik agar kegiatan berlangsung secara
kondusif. Selain itu, adanya keberagaman bentuk
ruang yang sesuai untuk tiap program kegiatan
sehingga anak tidak mudah bosan.


Keywords


Belajar, bermain, STEAM, interaksi, sirkulasi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :