Pendidikan Pra-Sekolah dan Penitipan Anak Berbasis Alam di Surabaya

Nathania Ardella(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pendidikan Pra-Sekolah dan Penitipan
Anak Berbasis Alam di Surabaya adalah fasilitas
edukasi sekaligus penitipan untuk anak usia dua
sampai empat tahun. Alam adalah contoh nyata
dari ilmu sains dasar yang bisa diakses secara
mudah dari lingkungan sekitar. Ilmu sains dan
alam dinilai sesuai untuk anak generasi alpha yang
terbiasa dengan gaya hidup serba instan atau cepat
akibat teknologi. Masalah desain dari perancangan
ini adalah bagaimana desain mampu
mengakomodasi kebutuhan anak yang beragam
dengan alam serta ilmu sains sebagai elemen utama
dalam bangunan. Pendekatan desain yang dipilih
adalah pendekatan perilaku berdasarkan perilaku
anak usia dini. Keunikan dari proyek ini terletak
pada elemen belajar melalui alam yang mampu
meningkatkan interaksi anak dengan lingkungan
sekitar sekaligus contoh nyata dari ilmu sains yang
menjadi kurikulum utama. Pendalaman karakter
ruang dipilih untuk menunjang area belajar dan
bermain sehingga mampu meningkatkan kualitas
area dan ruang agar sesuai dengan karakter anak
serta penempatan alam menjadi bagian utama
bangunan dengan menghadirkan area belajar dan
bermain luar ruangan dengan elemen belajar alam.


Keywords


Alam, Anak, Penitipan, Pra-Sekolah, Sains

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :