Fasilitas Edukasi Wisata Berbasis Realitas Maya di Surabaya

Matthew Ricky Sentosa(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Teknologi realitas maya sudah
berkembang sangat pesat dan dapat dimanfaatkan
untuk berbagai keperluan, kebutuhan, dan
kemudahan umat manusia. Perkembangan
teknologi ini perlu dikenal oleh masyarakat
Indonesia terutama mempersiapkan anak muda
bangsa menghadapi masa depan yang sarat
teknologi, termasuk realitas maya. Fasilitas
Eduwisata Berbasis Realitas Maya di Surabaya ini
merupakan fasilitas wisata dan edukasi
memperkenalkan teknologi realitas maya (virtual
reality & augmented reality) dengan menyediakan
berbagai informasi, perangkat dan aktivitas
interaktif bagi pengunjung.
Fasilitas ini dibagi menjadi 4 zona utama,
yaitu zona penerima, zona edukasi, zona
permainan dan zona pendukung. Untuk menarik
perhatian masyarakat dan merepresentasikan
kecanggihan teknologi realitas maya, maka
pendekatan desain yang dipilih adalah pendekatan
simbolik dengan konsep desain “360 derajat” yang
menghasilkan desain bentuk dan ruang-ruang yang
melingkupi pengunjung dengan teknologi realitas
maya.Konsep ini bertujuan untuk menyampaikan
bagaimana keunggulan dari perangkat ini secara
arsitektur kepada pengunjung sehingga
pengunjung menjadi berminat dan turut
menggunakan & mengembangkan perangkat
realitas maya pada kehidupan sehari-hari.


Keywords


Edukasi wisata, pendekatan simbolik, realitas maya (virtual reality & augmented reality)

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :