Kualitas Afeksi Generasi Milenial Terhadap Ruang Manipulatif; Studi Kasus Infinite World Jatim Park 3

Lian Carissa Gunawan(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dibuat karena maraknya
fenomena tempat wisata untuk berfoto. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi
kualitas afeksi pengunjung berdasarkan sensasi
dan stimulus arsitektur yang terdapat dalam
tempat wisata Infinite World Jatim Park 3 yang
didesain sebagai ruang-ruang manipulatif.
Responden penelitian adalah pengunjung dengan
rentang umur 20 – 30 tahun yang termasuk sebagai
generasi milenial. Penelitian ini menerapkan teori
ruang dari Yi-Fu Tuan, Gerald Franz, dan Gibson
untuk dapat dibandingkan dengan temuan
penelitian. Penelitian ini adalah kualitatif dengan
teknik pengumpulan data melalui angket google
form, wawancara mendalam (semi terstruktur), dan
observasi studi kasus. Berdasarkan responden yang
telah diwawancara didapatkan hasil bahwa ruang
pada infinite world Jatim Park 3 berhasil
memanipulasi responden dengan sensasi dan
kualitas afeksi yang berbeda pada setiap responden
dan ruangan. Disimpulkan bahwa dengan stimulus
arsitektur yang sama tidak menutup kemungkinan
akan menghasilkan kualitas afeksi dengan
perbedaan dominasi antara sensasi cahaya, suara
dan beberapa faktor dalam ruang yang ditemukan.


Keywords


Generasi Milenial, Kualitas Afeksi, Ruang Manipulatif, Sensasi, Stimulus Arsitektur

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :