TRADISI SATU BULAN BAYI PADA PASANGAN CAMPURAN ETNIS TIONGHOA DAN ETNIS JAWA DI SURABAYA

Elizabet Sanjaya, Olivia Olivia, Hannie Kwartanti

Abstract


Indonesia memiliki berbagai macam kebudayaan dan etnis di dalamnya. Setiap etnis yang ada juga memiliki beberapa tradisi yang dilakukan untuk memperingati atau merayakan hari-hari tertentu, salah satunya yaitu tradisi dalam merayakan satu bulan bayi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tradisi apa yang dilakukan oleh pasangan campuran etnis Tionghoa dan etnis Jawa dalam merayakan satu bulan bayi. Diharapakan dari penelitian ini dapat mengetahui, memahami dan memberikan inspirasi kepada pasangan orang tua yang lain. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan cara melakukan wawancara kepada sepuluh pasangan orang tua campuran etnis Tionghoa dan etnis Jawa. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pasangan campuran tersebut tidak semuanya melakukan tradisi yang ada. Tradisi yang masih dilakukan yaitu memotong rambut bayi. Selain itu hantaran yang diberikan untuk keluarga dan kerabat juga berbagai macam.


Keywords


tradisi, manyue, selametan selapanan

Full Text:

PDF

References


Aswiyati, I. (2015). Makna dan Jalannya Upacara “Puputan” dan”Selapanan” Dalam Adat Upacara Tradisional Kelahiran Bayi Bagi Masyarakat Jawa. Jurnal Holistik.

Bustanuddin, A. (2007). Agama Dalam Kehidupan Manusia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ekowati, V.I. (2008). Tata Cara Dan Upacara Seputar Daur Hidup Masyarakat Jawa Dalam Serat Tatacara. Jurnal Tata Cara, 12-13.

Koentjaraningrat. (2005). Ilmu Antropologi Dan Masalah Akulturasi. Medan Ilmu Pengetahuan: Rineka Cipta.

Koentjaningrat. (1987). Sejarah Teori Antropologi I. Jakarta: UI Press.

Koentjaraningrat. (2009). Ilmu Antropologi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Siagian, Rotua Yati. (2015). Struktur dan Makna Upacara “Manyue” Pada Suku Hokkian di Kota Medan. Universitas Sumatera Utara.

Ulumiyah, S. (2010). Kelahiran Bayi Adat Jawa. Jurnal Digilib UIN Sunan Ampel Surabaya.

Winangun. (1990). Masyarakat Bebas Struktur. Kanisius: Yogyakarta.

Yeo, Teresa Rebecca. (2013). Chinese Birth Ritual. National Library Singapore.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.