ANALISA PENGARUH KELOMPOK REFERENSI, GAYA HIDUP DAN SIKAP KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA RESTORAN ASIAN KING SURABAYA

Amelia Christianti, marcus remiasa

Abstract


Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kelompok referensi, gaya hidup dan sikap konsumen terhadap keputusan pembelian pada restoran Asian King Surabaya. Penelitian ini menggunakan 100 responden yang melakukan kunjungan pada restoran untuk pertama kalinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok referensi, gaya hidup dan sikap konsumen memiliki pengaruh secara bersama-sama terhadap variabel keputusan pembelian. Sedangkan hasil penelitian secara parsial, hanya variabel gaya hidup yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Berdasarkan penelitian, variabel paling dominan ditujukkan pada variabel gaya hidup.

 

Kata Kunci : Kelompok Referensi, Gaya Hidup, Sikap Konsumen, Keputusan Pembelian

 

Abstract - This study aims to determine the influence of reference groups, lifestyle and consumer attitude toward purchasing decision at Asian King restaurant Surabaya. This study used 100 respondents who visited the restaurant for the first time. The results showed that the reference group, lifestyle and consumer attitude have a mutual influence on the purchase decision variable. The result of research partially, only lifestyle variable that have a positive and significant influence on the purchase decision variable. Based on the research, the most dominant variable is shown in the lifestyle variable.

 

Key Words : Reference Group, Lifestyle, Consumer Attitude, Purchase Decision


Full Text:

PDF

References


DAFTAR REFERENSI

Anaira, F. (2015, Januari 23). diarysivika. Diambil kembali dari www.diarysivika.com: www.diarysivika.com/2015/01/asian-king-surabaya.html?m=1

Johar, M. R. (2013). Pengaruh marketing mix terhadap keputusan pembelian pada Aldila Resto di Semarang. Jurnal JIBEKA, Volume 7, No. 2, Agustus 2013, 227.

Khan,M. (2006). Consumer Behaviour and Advertising Management. New Age International. New Delhi: Limited Publisher

Kotler, P. (2002). Manajemen pemasaran (Vol. Milenium). Jakarta: Prenhallindo.

Kotler, P. & Keller L. K. (2012). Priciple of marketing (Vol. Ninth Edition). New Jersey: Inc Upper Saddle River.

Robbins, S. (2006). Perilaku organisasi. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Schiffman, L. a. (2007). Perilaku konsumen (Vol. 7). Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Simammora, B. (2002). Sumber daya manusia. Yogyakarta: STIE YKPN.

Sumarwan, U. (2003). Perilaku konsumen : teori dan penerapannya dalam pemasaran (Vol. 1). Bandung: Ghalia Indonesia.

Sumarwan, U. (2011). Perilaku konsumen : teori dan penerapannya dalam pemasaran (Vol. 2). Jakarta: Ghalia Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.