FAKTOR-FAKTOR YANG MENDORONG MAHASISWA UNTUK BERKUNJUNG KE THE LOUNGE AND CAFE UNIVERSITAS KRISTEN PETRA

Andreas Tirta, Vinsen Tjahjadi, Agung Harianto

Abstract


Abstrak, Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa berkunjung ke The Lounge and Café Universitas Kristen Petra. Adapun yang menjadi latar belakang penulisan ini karena alasan berkunjung yang beragam. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif kausal dengan jumlah 150 responden yang merupakan mahasiswa yang pernah berkunjung ke The Lounge and Café Univesitas Kristen Petra. Penelitian ini bersifat eksploratif yang bertujuan untuk menemukan faktor baru yang mendorong mahasiswa berkunjung ke The Lounge and Cafe, hasil penelitian mengungkapkan bahwa terbentuk tujuh faktor baru yaitu kebudayaan, gaya hidup, persepsi, motivasi, layanan, kepraktisan, dan aktifitas akademis.

 

Kata Kunci:         Faktor-Faktor (Gaya hidup, Kebudayaan, Persepsi, Motivasi, Pelayanan, Kepercayaan, dan Peran) yang Mendorong Mahasiswa Berkunjung ke The Lounge and Café Universitas Kristen Petra

Abstract, The purpose of this research is to know factors that encourage students to go to Petra Christian University’s The Lounge and Café.We choose this background because various visiting reasons. We use quantitative causal method with 150 respondents who are Students who ever came to Petra Christian University’s The Lounge and Café. This explorative research aims to find new factors that encourage students to visit The Lounge and Cafe, the results revealed that formed seven new factor that are culture, life style, perception, motivation, service, convenience, and academic activity.

Keywords:      Factors (Lifestyle, Culture, Perception, Motivation, Service, Trust, and Role) Encouraging Students to Visit The Lounge and Café Christian University Petra


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Poniman, A. S. & Cahyadi, T.A. (2010). Analisa faktor yang menjadi prefrensi konsumen dalam memilih coffee shop di Surabaya, Student Jurnal Manajemen Perhotelan.

Aprillia, L. (2014). Analisa faktor – faktor yang mendorong konsumen dalam memilih restaurant Mcdonald’s di Surabaya. Unpublished Graduate Thesis, Universitas Kristen Petra Surabaya.

Armstrong, G., Kotler, P., & Da Silva, G. (2006). Marketing: An introduction, an asian perspective (7th ed.). New Jersey: Prentice Hall.

Biro Administrasi Akademik (BAAK) Universitas Kristen Petra Surabaya. (2018), “Data Mahasiswa Aktif Studi Universitas Kristen Petra Surabaya”.

Bungin, H. M. B. (2010). Metodologi penelitian kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Blythe (2010). Perilaku konsumen (Consumen Behavior). Jakarta: Binarupa Aksara.

Blackwell, R., Miniard, P., & Engel, J. (2006). Consumer behavior (10th ed.). USA: Thomson.

Priyatno, (2010). Teknik mudah dan cepat melakukan analisis data penelitian dengan SPSS dan tanya jawab ujian pendadaran. Yogyakarta: Gaya Media.

Engel, J.F., Blackwell, R.D., & Minard, P.F. (1995). Consumer Behaviour (8th ed). New York: The Dryden press.

Engel, J. F. (2010). Perilaku Konsumen (Jilid 1). Jakarta, Binarupa Aksara.

Eriyanto. (2007). Ypgyakarta: Teknik sampling analisis opini public.

Ferdinand, Augusty. (2002) “Kualitas Strategi Pemasaran: Sebuah Studi Pendahuluan”. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia.

Ghozali, I. (2005). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Heung, V.C.S., & Lam, T. (2003). Service failure and recovery: the impact of relationship factors on customer satisfaction. Journal of Contemporary Hospitality Management.

Hidayat, T., & Istiadah, N. (2011). Panduan lengkap menguasai SPSS 19 untuk mengolah data statistik penelitian. Jakarta.

Kau, A.K., and Serene, D.R. (1995). “Determinants of consumer complaint behavior: a study of Singapore consumers", Journal of International Consumer Marketing.

Kotler, P., Bowen, J., & Makens, J. (1999). Marketing for hospitality and tourism (2nd ed). New Jersey: Prentice-Hall International.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2004). Principles of marketing, (10th edn), Pearson Prentice Hall, New Jersey.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2006). Principles of marketing (11th Edn), New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Kuncoro, M. (2003). Metode riset untuk bisnis & ekonomi, Jakarta: Penerbit Erlangga.

Malhotra, Naresh K. (2006). Marketing Research An Applied Orientation. United State of America: Prestice Hall.

Mawson, E., & Fearne, A. (1996). Purchasing strategies and decision-making processes in the food service industry: a case study of UK restaurant chains. Supply Chain Management International Journal

Metehan, Tolon & Yasemin, Z. A. (2011). Demographic characteristics and complaint behavior: An empirical Study Concerning Turkish Customers, International Journal of Business and Social Science

Mowen, C. J. dan M. Minor. (2008). Perilaku Konsumen. Penerbit Erlangga, Jakarta

Prasetyo, B., & Jannah, L.M. (2005). Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi. Jakarta: P.T. Radjagrafindo Persada

Parasuraman, A., Zeithaml, V.A., & Berry, L.L. (1998). SERVQUAL: A MultipleItem Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality, Journal of Retailing

Peter, P.J., & Olson, J.C. (2002) Consumer behaviour and marketing strategy, (8th Edition). New York: MCGraw-Hill

Sandjaja, B. & Heriyanto, B. (2011). Panduan penelitian. Jakarta: Prestasi Pustaka

Santoso, S. (2012). Panduan Lengkap SPSS (Versi 20). Jakarta: PT. Elex Media

Santoso, S. (2006). Buku latihan SPSS untuk statistik parametrik. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Santoso, S. (2003). SPSS versi 10 mengolah data statistic secara professional. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Schiffman, L., & Kanuk, J. (2008). Consumer behavior (8th ed). New Jersey: Pearson Education International.

Schiffman, L.G. & Kanuk, L.L. (2007). Consumer behavior (7th Edn), Prentice – Hall International, Inc.

Simamora, B. (2005). Paduan riset perilaku konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2008). Statistik Untuk Penelitian. Cetakan ke Lima. Bandung: Alfabeta

Suryoatmono, Bambang, 2007. Kursus “Statistika Dasar.” (online): http://home.unpar.ac.id/~suryoatm/Kursus%20Statistika%20Dasar.PDF.

Swastha, B., & Handoko, H.T. (1987), Manajemen pemasaran: Analisa perilaku konsumen, Edisi Pertama, Yogyakarta: Liberty.

Swastha, B., & Irawan. (2005). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Wijaya, S. (2005). Studi eksploratif perilaku mahasiswa UK. Petra dalam memilih fast food restaurant dan non-fast food restaurant di Surabaya. Jurnal Manajemen Perhotelan. Vol. 1, No. 2, 80-86


Refbacks

  • There are currently no refbacks.