PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA RESTORAN KFC DI SURABAYA

Ruth Angelita Jaya Kurniawan(1*), Adriana Aprilia(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kekuatan merek, kesukaan terhadap merek, dan keunikan merek secara signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Restoran KFC di Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif kausal. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen KFC Surabaya. Pengumpulan data dalam penelitian ini didapat dari kuesioner yang dibagikan kepada 225 konsumen KFC Surabaya. Teknik analisis menggunakan analisa regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuatan merek berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, kesukaan terhadap merek berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, dan keunikan merek berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen.  

 

Kata Kunci: kekuatan merek, kesukaan merek, keunikan merek, dan kepuasan konsumen

Full Text:

PDF

References


Andreani F., Taniaji, T. L., & Puspitasari R. N. M. (2012, March). The impact of brand image towards loyalty with satisfaction as a mediator in McDonald’s. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 14(1), 64-71.

Arista, D. (2016, January 28). Tren terbaru: masyarakat Indonesia lebih suka makanan cepat saji. Tribunners. Retrieved September 1, 2017, from http://www.tribunnews.com/tribunners/2016/01/28/tren-terbaru-masyarakat-indonesia-lebih-suka-makanan-cepat-saji

Assidiq, Y. (2017, May 16). Bisnis kuliner di Jawa Timur tumbuh 15-20 persen. Republika. Retrieved September 1, 2017, from http://www.republika.co.id/berita/ekonomi/makro/17/05/16/oq1oda399-bisnis-kuliner-di-jawa-timur-tumbuh-1520-persen

Ghozali, I. (2014). Structural equation modeling alternative dengan partial least square (PLS) (4th ed.). Semarang: Badan Pendidikan Universitas Diponegoro.

Keller, K.L. (2003). Strategic brand management: building, measuring, and managing brand equity (2nd ed.). New Jersey: Upper Saddle River.

KFC lebih tenar dibandingkan Pizza Hut. (2016, September 5). Databoks. Retrieved August 31, 2017, from http://databoks.katadata.co.id/datapublish/2016/09/05/kfc-lebih-tenar-dibandingkan-pizza-hut

Kotler, P. (2000). Marketing management the millenium edition. New Jersey: Prentice-Hall Internasional, Inc.

__________ & Armstrong, G. (2005). Dasar-dasar pemasaran (2nd ed.). Jakarta: Pernhallindo.

Mohamad, A. (2013, June 19). Survei: orang Indonesia lebih suka jajan daripada masak sendiri. Merdeka. Retrieved September 1, 2017, from https://www.merdeka.com/uang/survei-orang-indonesia-lebih-suka-jajan-daripada-masak-sendiri.html

Radiawati, R. (2013, February 16). Lima restoran cepat saji terbesar di Indonesia. Merdeka. Retrieved September 1, 2017, from https://www.merdeka.com/uang/lima-restoran-cepat-saji-terbesar-di-indonesia.html

Ryu, K., Lee, H. R., dan Kim, W. G. (2012). The influence of quality of the physical environtment, food, and service on restaurant image, customer perceived value, customer satisfaction, and behavioral intensions. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 24(2), 200-223.

Tanudiredja, C., Wibisono, K, dan Aprilia, A. (2016). Pengaruh citra merek di Dapur Coklat Biliton Surabaya. Jurnal Hospilality dan Manajemen Jasa, 4(2), 286-303. Unpublished Undergraduate Journal. Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Tjiptono, F. (2004). Perspektif manajemen dan pemasaran kontemporer. Yogyakarta: ANDI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.