ANALISA KEBIJAKAN NO TIPPING PADA KUALITAS LAYANAN DI PLATINUM GRILL

william gunawan putra(1*), jimmy orlando(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pemberian tip saat ini sudah merupakan hal yang umum dilakukan oleh masyarakat Indonesia terutama di industri Food and Beverage. Berdasarkan fenomena tersebut, penulis ingin mengetahui apakah dengan berlakunya kebijakan no tipping berpengaruh terhadap kualitas layanan di Platinum Grill. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan no tipping tidak berdampak terhadap kualitas layanan di Platinum Grill. Persepsi karyawan di Platinum Grill mengenai kebijakan no tipping adalah karyawan setuju terhadap adanya kebijakan no tipping tersebut. Dengan adanya kebijakan no tipping, diharapkan tidak ada pembedaan dalam pemberian layanan kepada pelanggan. Tip juga sudah tergantikan dengan adanya service charge. Serta kiat atau usaha yang dilakukan pihak Platinum Grill untuk dapat menjaga kualitas layanan adalah dengan diberikan training. 

Kata Kunci: No tipping, kualitas layanan, Platinum Grill


Full Text:

PDF

References


Ayres, I., Nalebuff, B. (2004). Race, tips, and economics. Forbes.

Azar, H. O. (2003). The implications of tipping for economics and management. Internation Journal of Social Economics, 30(10), 1084-1094.

Azar, H. O. (2012). The effect of the minimum wage for tipped wokers on firm strategy, employees and social welfare. Labour economics, 19, 748-755.

Boella, M. J. (2005). Human resources management in the hospitality industry. Elseiver Butterworth-Heinemann.

Daniel, C. N., Berinyuy, L. P. (2010). Using the SERVQUAL model to Assess Service Quality and Customer Satisfaction. Umea School of Business.

Hamidi. (2005). Metode penelitian kualitatif: Aplikasi praktis pembuatan proposal dan laporan penelitian. Malang:UMM Press.

Indah, H. (2015). Gender dan ekonomi (Peran gender terhadap konstribusi ekonomi dan kesejahteraan keluarga/rumah tangga). Jurnal Stain Watampone

Joewono, H. H., Sanusi, B., Tanjung, N. (2003). Jangan sekedar servis. Jakarta: PT. Intisari Mediatama.

Kementrian Ketenagakerjaan RI. (1999). Peraturan Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia No. PER-02/MEN/1999 tentang Pembagian Uang Service Pada Usaha Hotel, Restoran dan Usaha Pariwisata Lainnya. Jakarta: Fahmi Idris.

Lin, I. Y., Navasivayam, K. (2011). Understanding restaurant tipping systems: a human resources perspective. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 23(7), 923-940.

Lovelock, C., Wirtz, J. (2007). Improving service quality and productivity. College of management.

Lynn, M. (2001). Restaurant tipping and service quality: A tenous relationship. Cornell Hotel and Restaurant Quarterly, 14-19.

Lynn, M., Sturman, M. C. (2010). Tipping and service quality: A within-subjects analysis. School of Hotel Administration Collection.

Lynn, M., Withiam, G. (2008). Tipping and its alternatives: Business tipping and its alternatives: Business. School of Hotel Administration Collection.

Mangkunegara, A.A.A.P. (2009). Manajemen sumber daya manusia. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Martin, W. (2001). Quality Service, What every hospitality manager needs to know. New Jersey: Prentice Hall.

Matthews, A. (2005). To tip or not to tip? It depends on the profession. Working Paper.

Moleong, L.J. (2007). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mossbarger, M., Eddington, J. (2003). Methods for motivating employees. Weber State University.

Mullins, L. J. (2001). Hospitality management and organisational behavior (4 ed.). London: Longman.

Rahayu, I.T., Ardani, T.A. (2004). Observasi dan wawancara. Malang: Bayumedia.

R. M. Ryan, E. L. Deci. (2000). Intrinsic and extrinsic motivations: Classic definitions and new directions. Contemporary Educational Psychology, 25(1), 54-67.

Robbins, S.P., Coulter, M. (2002). Management (7 ed.). New Jersey: Prentice-Hall.

Sabath, A. M. (2013). Business etiquette in brief: The competitive edge for today's professional. iUniverse.

Sugiyono. (2007). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d. Bandung: Alfabeta

Tomren, E. (2004). Coffee corporations should nix tip jars. Working paper.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.