ANALISA PENGARUH ASOSIASI MEREK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN JW MARRIOTT SURABAYA DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL PERANTARA

Billy Oto Ardian(1*), Christian Ade Wijaya(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh asosiasi merek terhadap kepuasan pelanggan pada JW Marriott Surabaya yang berujung pada loyalitas merek JW Marriott Surabaya. Partial Least Square (PLS) digunakan sebagai metode pengolahan data. Hasil penelitian ini adalah favorability of brand association (keuntungan asosiasi merek) berpengaruh negative dan tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan, strength of brand association (kekuatan asosiasi merek) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, uniqueness of brand association (keunikan asosiasi merek) berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan, kepuasan pelanggan, favorability of brand association, strength of brand association, dan uniqueness of brand association tidak berpengaruh positif maupun signifikan terhadap loyalitas pelanggan.

 

This study aims to measure the influence of brand association on customer satisfaction on JW Marriott Surabaya that leads to brand loyalty. Partial Least Square (PLS) is used. The results of this study show that favorability of brand association has negative and insignificant impact on customer satisfaction, strength of brand association has a positive and significant impact on customer satisfaction, uniqueness of brand association has negative and insignificant impact on customer satisfaction; customer satisfaction, favorability of brand association, strength of brand association, and uniqueness of brand association have negative and insignificant impacts on customer loyalty.


Keywords


This study aims to measure the influence of brand association on customer satisfaction on JW Marriott Surabaya that leads to brand loyalty. Partial Least Square (PLS) is used. The results of this study show that favorability of brand association has negat

Full Text:

PDF

References


Aaker, D. A. (2001). Strategic market management. USA: John Wiley & Sons, INC.

Aaker, D. A. (2008). Manajemen ekuitas merek. Alih bahasa oleh Aris Ananda. Jakarta: Mitra Utama.

Abdi, H. (2003). Partial least squares (PLS) regression. Thousand Oaks: Sage.

Abdillah & Jogiyanto. (2014). Partial least square. Yogyakarta: Andi.

Agusli, D. & Kunto, Y. S. (2013). Analisa pengaruh dimensi ekuitas merek terhadap minat beli konsumen Midtown Hotel Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 1(2), 1-8.

Alexander, H. (2014, August 26). Dalam dua tahun, Surabaya bangun 16 hotel. Kompas Cyber Media. Retrieved March 3, 2017, from http://properti.kompas.com/read/2014/08/26/195609021/Dalam.Dua.Tahun.Surabaya.Bangun.16.Hotel.

Funding Universe. (n.d.). Retrieved Jully 11, 2017, from http://www.fundinguniverse.com/company-histories/marriott-international-inc-history.

Al-Msallam. (2015). Customer satisfaction and brand loyalty in the hotel industry. European Scientific Journal, 1, 232-251.

Andini, P. & Panjaitan, Y. (2007). Pengaruh asosiasi merek terhadap loyalitas konsumen pada hotel Harris. Unpublished undergraduate thesis. Universitas Atma Jaya, Jakarta.

Andreani, F., et al. (2012). The impact of brand image towards loyalty with satisfaction as a mediator in McDonald’s. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 14(1), 64-71.

Aryani, D. & Rosinta, F. (2010). Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan dalam membentuk loyalitas pelanggan. Jurnal Ilmu Adsminitrasi dan Organisasi, 17(2), 114-126

Astuti, S. H. & Cahyadi, I. G. (2007). Pengaruh elemen ekuitas merek terhadap rasa percaya diri pelanggan di Surabaya atas keputusan pembelian kartu perdana IM3. Majalah Ekonomi, Tahun XVII, No. 2 Agustus 2007.

Barnes, J. G., (2003). Secrets of customer relationship management, ANDI. Yogyakarta.

Bowen, J.T. & Chen, S.L. (2001). The relationship between customer loyalty and customer satisfaction. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 13(5), 213-217.

Denove, C. & Power, J.D.,IV. (2007). Satisfaction: bagaimana setiap perusahaan hebat mendengarkan suara konsumennya. (Riga Ponziani, Trans.) Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Ghozali, I. (2009). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS, Edisi Keempat. Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 19, Edisi Kelima. Semarang: Universitas Diponegoro.

Grewal, D. & Levy, M. (2013). Marketing 4th edition. Mc.Graw-Hill.

Griffin, J. (2003). Customer loyalty: menumbuhkan dan mempertahankan pelanggan. Jakarta, Airlangga.

Hidayat, R. (2009). Pengaruh kualitas layanan, kualitas produk, dan nilai nasabah terhadap kepuasan dan loyalitas bank mandiri. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 11(1), 59-72.

Hurriyati, R. (2008). Bauran permasaran dan loyalitas konsumen. Bandung: Alfabeta.

Irawan, H, (2008). Membedah strategi kepuasan pelanggan. Cetakan pertama. Jakarta: Pradnya Paramitha, h. 45. Kelompok Gramedia.

Jogiyanto. (2009). Teori portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Keenam. Cetakan Pertama. Yogyakarta: PT. BPFE.

Jogiyanto. (2011). Metodologi penelitian bisnis. Edisi Keempat. Yogyakarta: PT. BPFE.

Kartajaya, H. (2003). Marketing in venus. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Keller, K. L. (2003). Strategic brand manajemen, Second Edition, Prentice Hall.

Kim, S. (2016). The effects of personality traits and congruity on customer satisfaction and brand loyalty. Advances in Hospitality and Leisure. 12, 3-33.

Kotler, P. (2006). Manajemen pemasaran edisi 11. Jakarta: PT. Indeks.

Kotler, P & Keller, K. L. (2007). Manajemen pemasaran edisi 12. (B.Molan, Terjemahan). Jakarta: PT. Indeks.

Kotler, P. & Keller, K. L. (2008). Manajemen pemasaran. Jilid 1. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Kotler, P & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran. Jilid 1. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. (2011). Manajemen pemasaran di Indonesia: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Kotler, P. & Keller, K. L. (2013). Manajemen pemasaran. Jilid 2. Edisi 13. Erlangga.

Kotler, P. & Armstrong, G. (2014). Principles of marketing (14th Edition). Pearson, New Jersey.

Kuncoro, M. (2001). Metode Kuantitatif: Teori dan aplikasi untuk bisnis dan ekonomi. Yogyakarta: UPP-AMP YKPN.

Kuncoro, M. (2003). Metode eiset untuk bisnis dan ekonomi. Jakarta: Erlangga.

Leliga, F. J. (2013). Analisa pengaruh brand image terhadap customer loyalty dengan customer satisfaction sebagai mediator pada The Dreamland Luxury Villas and Spa, Bali. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 1(1), 80-93.

Lovelock, Wirtz. (2011). Services marketing (people, technology, strategy). Pearson Education Limited. England.

Malik, E.M., Ghafoor, M.M., & Iqbal, H.K. (2012). Impact of brand image, service quality and price on customer satisfaction in Pakistan telecommunication sector. International Journal of Business and Social Science, 3(23), 123-129

Pascasari, P.D. & Bernarto, I. (2009). Pengaruh ekuitas merek terhadap kepuasan konsumen The Coffee Bean and Tea Leaf, Benton Junction, Lippo Karawaci. DeReMa Jurnal Manajemen, 4(1), 19-30.

Phan, K.N. & Ghantous, N. (2013). Managing brand associations to drive customers’ trust andloyalty in Vietnamese banking. International Journal of Bank Marketing, 31(6), 456-480

Rangkuti, F. (2002). Measuring customer satisfaction: teknik mengukur dan strategi meningkatkan kepuasan pelanggan dan analisis kasus PLN-JP. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Rangkuti, F. (2002). Measuring customer satisfaction: teknik mengukur dan strategi meningkatkan kualitas pelanggan, Edisi keempat, Cetakan Kesatu, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Rangkuti, F. (2004). The power of brands: teknik mengelola brand equity dan strategi pengembangan merek plus analisis kasus dengan SPSS. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sheng, H.H. (2006). Robustness testing of PLS, LISREL, EQS and ANN-based SEM for measuring customer satisfaction. Total Quality Management, 17(3). 355-371.

Siregar, I. (2016). Pengaruh faktor – faktor ekuitas merek terhadap kepuasan konsumen pada Dunkin Donut di Medan. Jurnal Ilmiah Research Sains, 2(1), 173-182.

Samuel, H. & Foedjiawati. (2005). Pengaruh kepuasan konsumen terhadap kesetian merek (studi kasus restoran The Prime Steak & Ribs Surabaya). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 7(1). 74-82.

Simamora, H. (2001). Manajemen sumber daya manusia. Yogyakarta: Penerbit STIE YKPN.

Sumarwan, U. (2003). Perilaku konsumen: teori dan penerapannya dalam pemasaran. Cetakan Pertama. Ghalia Indonesia, Jakarta.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian bisnis. Bandung: Alfabeta.

Suryani, T. (2008). Perilaku konsumen: implikasi pada strategi pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tjiptono, F. (2003). Strategi pemasaran. Edisi kedua. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, F. (2004). Prinsip – prinsip TQS. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, F. & Chandra. G. (2005). Service, quality and satisfaction. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, F. (2008). Strategi bisnis pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Umar, H. (2005). Riset pemasaran dan perilaku konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Woodland, D.M.D.H.R. (2016). The impact of brand associations on brand loyalty in the football industry. An International Journal, 6(5). 499-519.

Yamin & Kurniawan. (2009). SPSS Complete. Jakarta: Salemba Infotek.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.