FAKTOR – FAKTOR YANG MEMBUAT KONSUMEN MEMILIH FULL SERVICE AIRLINES

Irvan Saputra(1*), Loresa Danette Yonathan(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mencari faktor-faktor baru apa saja yang terbentuk dari
faktor internal dan eksternal yang membuat konsumen memilih Full Service Airlines di
Indonesia. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 302 responden pengguna
Full Service Airlines di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis faktor
dengan bantuan program SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan terbentuknya lima faktor baru
dari faktor internal dan eksternal yang membuat konsumen memilih Full Service Airlines di
Indonesia, yaitu facility, brand image, prestige, recommendation dan self-comfort.

 

This research aims to find out the new factors from internal and external factors that
make consumers choose Full Service Airlines in Indonesia. This research was conducted by
distributing questionnaires to 302 respondents of Full Service Airlines’ users in Indonesia. The
research method used is factor analysis with the help of SPSS 16.0 program. The results of the
study show five new factors resulted from internal and external factors that make consumers
choose Full Service Airlines in Indonesia, namely facility, brand image, prestige,
recommendation and self-comfort.


Keywords


Faktor Internal, Faktor Eksternal, Full Service Airlines, Analisa Faktor

Full Text:

PDF

References


Anonymous. (2017, February 18). Netflix and Spotify Get Onboard Qantas. The Star Online.

Retrieved 25 February 2017, from http://www.thestar.com.my/tech/technews/

/02/18/netflix-and-spotify-get-onboard-qantas/

Anonymous. (n.d.). Kode maskapai penerbangankomersial Indonesia dan internasional.

Airport.id. Retrieved 31 May 2017, from https://airport.id/kode-maskapai-penerbangankomersial-

indonesia-dan-internasional/

Arikunto, S. (2002). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Azwar, S. (2005). Manajemen penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Badan Pusat Statistik. (2016). Jumlah penumpang yang berangkat pada penerbangan domestic

di bandara utama Indonesia (Bandara Polonia, Soekarno Hatta, Juanda, Ngurah Rai dan

Hasanuddin), 2006-2015 (orang). Retrieved 25 February 2017, from

https://bps.go.id/index.php/linkTabelStatis/1409

Cento, A. (2009). The airline industry challenges in the 21st century. Italy: Physica-Verlag

Heidelberg.

Dickson. (2014, August 12). 10 Negara dengan Jumlah Penduduk Terbanyak di Dunia. Ilmu

Pengetahuan Umum. Retrieved 25 February 2017, from

http://ilmupengetahuan.com/sepuluh-negara-dengan-jumlah-penduduk-populasiterbanyak-

di-dunia/

Florencia & Subiga, Z. (2016). Analisa faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi

konsumen dalam melakukan keputusan pembelian makanan di restaurant fast food

Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa 4(1). Retrieved 2 May 2017, from

http://studentjournal.petra.ac.id/index.php/manajemen-perhotelan/

Ghozali, I. (2011). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Semarang: Badan

Penerbit UNDIP.

Hair, J. F. Jr, Roplph, E. A., Ronald, L. T. & William, C. B. (1998). Multivariate data analysis

(5th ed., International Edition). New Jersey: Prentice Hall.

Jaško, O. & Marinković, S. (2016). XV international symposium symorg : Reshaping the future

through sustainable business development and entrepreneurship. Serbia: University of

Belgrade, Faculty of Organizational Sciences.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Principles of marketing (17th ed.). New Jersey: Pearson

Prentice Hall.

Loppies, A. K., Nugroho, S. A., & Jokom, R. (2016). Analisis faktor – faktor yang

mempengaruhi konsumen dalam memutuskan untuk menginap di green hotel di

Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa 4(2). Retrieved 2 May 2017, from

http://studentjournal.petra.ac.id/index.php/mana jemen-perhotelan/

Maswir, B. I. (2014, October 14). Manfaat dari suatu transportasi udara. Penerbangan. Retrieved

February 2017, from http://boniepku.blogspot.co.id/2014/10/manfaat-dari-suatutransportasi-

udara.html

Pedoman tata tulis tugas akhir mahasiswa Universitas Kristen Petra (ed. 4). (2008). Surabaya:

Penerbitan Universitas Kristen Petra.

Priyono, E. (2004). Analisis faktor – faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam

memilih kafe di Surakarta. BENEFIT (Jurnal Manajemen dan Bisnis), 10 (1), 50 – 62.

Retrieved 2 May 2017, from http:// researchgate.net

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. (2014). Garuda Indonesia. Retrieved 31 May 2017, from

https://www.garuda-indonesia.com/id/

Santoso, S. (2001). SPSS statistik parametrik. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Schiffman, L. G. & Wisenblit, J. L. (2015). Consumer behavior (11th ed.). England: Pearson

Education Limited.

Singarimbun, M. & Effendi, S. (2006). Metode penelitian survey. Jakarta: LP3ES.

Solomon, M. R. (2015). Consumer behavior buying, having and being (11th ed.). England :

Pearson Education Limited.

Sugiyono. (2007). Metodologi penelitian administrasi dilengkapi dengan metode R&D. Bandung:

Alfabeta.

Sugiyono. (2008). Metodologi penelitian bisnis. Bandung: CV. Alfabeta.

Suksma. (2008, March 13). Fenomena low cost carrier. Penerbangan di Indonesia. Retrieved 25

February 2017, from https://maskapai.wordpress.com/

The Emirates Group. (2017). Emirates. Retrieved May 31, 2017, from

https://www.emirates.com/id/English/

Tjandra, Y., Sukrisna, A. G., Kristanti, M., & Jokom, R. (2013). Analisa faktor – faktor yang

membentuk keputusan pembelian konsumen di restoran D’Cost, Kayun, Surabaya. Jurnal

Hospitality dan Manajemen Jasa 2(2). Retrieved 2 May 2017, from

http://studentjournal.petra.ac.id/index. php/manajemen-perhotelan/

Utomo, H. S. (2010). Manajemen Transportasi. Malang : Pascasarjana Universitas Brawijaya.

Wahana Komputer. (2003). 10 model penelitian: Pengolahannya dengan SPSS 10.01.

Yogyakarta: Andi.

Wald, A., Fay, C., & Gleich, R. (2010). Introduction of aviation management. Berlin: Lit Verlag.

Webe, A. (2015, June 26). Full service dan low cost service. Kompasiana. Retrieved 25 February

, from http://www.kompasiana.com/agungwebe/full-service-dan-low-costservice_

ea333119a725103e2

Wikipedia ensiklopedia bebas. (n.d.) Daftar penerbangan maskapai penerbangan Indonesia.

Retrieved May 31, 2017, from

https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_maskapai_penerbangan_Indonesia

Yamin, M. (2015). Berebut Pasar Garuda vs Lion. Masyarakat Ekonomi ASEAN. Retrieved 25

February 2017, from http://www.muhammadyamin.com/tag/full-service/

Zikmund, W. G. (2003). Business research method (7th ed.). Western, USA: Thompson South.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.