ANALISA FAKTOR YANG MENJADI PREFERENSI KONSUMEN DALAM MEMILIH COFFEE SHOP DI SURABAYA

Alexander Cahyadi Sentoso(1*), Aldo Sudibyo Poniman(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Dasar dari penelitian ini dibuat dikarenakan dewasa ini banyaknya coffee shop baru yang didirikan, banyak masyarakat memanfaatkan coffee shop ini bukan hanya untuk menikmati makanan dan minuman tetapi juga sebagai tempat untuk bersosialisasi, ataupun berbisnis dengan rekan kerja. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor apa yang menjandi preferensi konsumen dalam memilih coffee shop. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Hasil penelitian menunjukan factor yang mempengaruhi preferensi konsumen dalam memilih coffee shop di Surabaya adalah faktor generik, faktor nilai, faktor psikologis, dan faktor emosional.


Keywords


Coffee Shop, Preferensi Konsumen, Surabaya

Full Text:

PDF

References


Alma & Buchari. 2004. Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa (cetakankeenam). Bandung: Alfabeta.

Amirullah. 2002. Perilaku konsumen. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.

Swastha, B., & Irawan. 2005. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Blackwell, R., Miniard, P., & Engel, J. 2006. Consumer Behavior (10th ed.). USA: Thomson.

Blodgett, J.G., Granbois, D.H., & Walters, R.G. 1993. The effects of perceived justice on complaints’ negative word-of-mouth behavior and repatronage intentions. Journal of retailing.

Cousins, J., Foskett, D., & Gillespie, C. 2002. Food and Beverage Management. London: Prentice Hall / Pearson Education.

Engel, J.F., Blackwell, R.D., & Minard, P.F. 1995. Consumer Behaviour (8th ed). New York: The Dryden press.

Eriyanto. 2007. Teknik sampling analisis opini publik.Yogyakarta :LkiS.

Fraser, R.A., Zahari, M.S., & Othman, Z. Customer Reaction to Service Delays in Malaysia Ethnic Restaurants.

Grewal, D.L.M. 2008. Marketing. New York: McGraw-Hill Companies Inc.

Heung, V.C.S., & Lam, T. 2003. Service failure and recovery: the impact of relationship factors on customer satisfaction. Journal of Contemporary Hospitality Management..

Hidayat, T., & Istiadah, N. 2011. Panduan lengkap menguasai SPSS 19 untuk mengolah data statistik penelitian. Jakarta : Mediakita.

Hirschman, A.O. 1970. Exit, Voice and Loyalty: responses to decline in firms, organizations and states. Harvard University Press, Cambridge, MA.

Irawan, H. 2003. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. PT. Gramedia. Jakarta.

Kara, A., Kaynak, E., & Kucukemiroglu, O. 1997. Marketing strategies for fast food restaurants: a customer view. British Food Journal.

Kau, A.K., and Serene, D.R. (1995). “Determinants of consumer complaint behavior: a study of Singapore consumers", Journal of International Consumer Marketing, Vol. 8 No. 2, pp. 59-76.

Koo, L.C., Tao, F.K.C., & Yeung, J.H.C. (1999). Preferential segmentation of restaurant attributes through conjoint analysis. International Journal of Contemporary Hospitality Management.

Kotler, P. 1997. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol. PT. Prehallindo. Jakarta.

Kotler, P., & Armstrong, G. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran. PT. Gelora Aksara Pratama. Jilid 1. Edisi kedelapan.

Kotler, P. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid I. Jakarta : PT Gelora Aksara Pratama.

Kotler, P., & Kevin L.K. 2007. Manajemen Pemasaran edisi 12 jilid 1. Indonesia: PT. Mancananjaya Cemerlang.

Kuncoro, M. 2003. Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi Bagaimana Meneliti dan Menulis Tesis. Erlangga. Jakarta.

KuncoroM. 2009. Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi Bagaimana Meneliti dan Menulis Tesis. Edisi 3. Erlangga. Jakarta.

Levy, Michael, & Weitz. 2001. Retailing Management, Fourth edition, Richard D. Irwin Inc.

Mawson, E., & Fearne, A. 1996. Purchasing strategies and decision-making processes in the food service industry: a case study of UK restaurant chains. Supply Chain Management International Journal, 1(3), 34-41.

Metehan, Tolon & Yasemin, Z. A. 2011.Demographic characteristics and complaint behavior: An empirical Study Concerning Turkish Customers, International Journal of Business and Social Science Vol. 2 No. 9 [Special Issue – May 2011] 42.

Mowen, J.C., & Michael, M. 2002. Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga.

Munir. 2000. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Gramedia. Jakarta.

Nazir, M. 2003. Metode Penelitian. Salemba Empat. Jakarta

Oktaviani, C. 1996. Faktor-Faktor yang mempengaruhi Perilaku Seseorang dalam Keputusan Pembelian.

Pallant, J. 2011. SPSS Survival Manual: a step by step guide to data analysis using SPSS (4thed.). Australia: Allen & Unwin.

Parasuraman, A., Zeithaml, V.A., & Berry, L.L. 1998. SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality, Journal of Retailing, Vol. 64, No. 1.

Pindyck, Robert, S., & Rubinfeld, D.L. 2007. Mikrokonomi Jilid 1 edisi keenam. Terjemahan. Indeks. Jakarta.

Prasetyo, B., & Jannah, L.M. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi. Jakarta: P.T. Radjagrafindo Persada.

Prim, I., & Pras, B. 1999. Friendly complaining behaviors: toward a relational approach. Journal of Market-Focused Management.

Royan, F.M. 2004. Marketing Selebrities. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rusbult, C.E., Zembradt, I.M., & Gunn, L.K. 1982. Exit, voice, loyalty, and neglect: responses to dissatisfaction in romantic involvements. Journal of personality and social psychology, 43(6), 1230-1242.

Santoso, S. 2006. Buku latihan SPSS untuk statistik parametrik. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Santoso, S. 2003. SPSS versi 10 mengolah data statistic secara professional. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Sarwono. 2006. Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Schiffman, L., & Kanuk, J. (2008). Consumer behavior (8th ed). New Jersey : Pearson Education International.

Schiffman, L.G., Kanuk & Lesley, L. 2007. Consumer behavior. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Silalahi, U. 2006. Statistika untuk ekonomi dan keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Simamora, B. 2003. Panduan Riset Perilaku Konsumen, Penerbit PT.Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Simamora,B. 2004. Panduan Riset Perlilaku Konsumen. Jakarta: PT Pustaka Gramedia Utama.

Soekresno. 2002. Manajemen food & beverage service hotel, Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.

Stanton, W.J. 2003. Manajemen pemasaran (10th ed). Jakarta: Erlangga.

Sularso, S. 2003. Buku Pelengkap Metode Penelitian Akuntansi Sebuah Pendekatan Replikasi. Edisi Revisi 2003/2004. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Sugiyono. 2008. Statistik Untuk Penelitian. Cetakan ke Lima. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supranto, J. 2003. Metode Riset dan Aplikasinya Dalam Pemasaran. PT. Rineka Cipta. Jakarta

Tabachnick, B.G. & Fidell, L.S. 2001. Using Multivariate Statistics. Needham Heights, MA: Allyn & Bacon.

Umar, H. 2002. Metode Riset Bisnis. Jakarta: PT Gramedia.

Yulianti, L.N., & Yusa, A. 2009. Tingkat kepuasan konsumen terhadap tanggapan perusahaan pasca tindakan komplain melalui media cetak. Dalam jurnal ilmu keluarga dan konsumen, 2(2): h: 186 – 192

Yun, Z., & Good, L.K. 2007. Developing customer loyalty from e-tail store image attributes. Management and Service Quality, 17(1), 4-22.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.