PENGARUH ULASAN ONLINE TERHADAP MINAT PEMESANAN HOTEL PADA ONLINE TRAVEL AGENT DI INDONESIA DENGAN KEPERCAYAAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Alicia Gabrielle(1*), Shanta Hocky(2), Fransisca Andreani(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dibuat untuk mengetahui pengaruh ulasan online terhadap minat pemesanan hotel pada Online Travel Agent di Indonesia dengan kepercayaan konsumen sebagai variabel mediasi. Jenis penelitian adalah kuantitatif, pengambilan sampel menggunakan dengan mengumpulkan kuesioner sebanyak 30 orang pertama untuk pilot study dengan tujuan menguji validitas dan reliabilitas pertama, lalu dilanjutkan dengan mencari 101 sampel Pertanyaan yang ada di kuesioner dalam penelitian ini yaitu berupa close-ended question dengan menggunakan Skala Likert. Metode pengolahan data menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS) untuk menganalisa data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ulasan online berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan konsumen pada Online Travel Agent di Indonesia, kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap minat pemesanan hotel pada Online Travel Agent di Indonesia, ulasan online berpengaruh signifikan terhadap minat pemesanan hotel pada Online Travel Agent di Indonesia, kepercayaan memiliki pengaruh mediasi parsial pada hubungan ulasan online dan minat pemesanan hotel pada Online Travel Agent di Indonesia.

Kata kunci: Online Travel Agent, Ulasan Online, Kepercayaan, Minat Pemesanan.

 

ABSTRACT

This research is made to know the influence of online review to hotel booking intention in Online Travel Agent in Indonesia with consumer trust as a mediation. The type of this reaserch is quantitative using Partial Least Square (PLS) approach to analyze the data, sampling using a questinnaire for the first 30 sample for a pilot study with the aim of testing the validity and reliability, then continued by looking for 101 samples. The question in the questionnaire of this study using a likert scale.The results of this research show that online review has a significant influence toward consumer trust in Online Travel Agent in Indonesia, consumer trust has a significant influence toward hotel booking intention, online review has a significant influence toward hotel booking intention, also trust  has a partial mediation influence toward online review and hotel booking intention in Online Travel Agent in Indonesia.

Keyword: Online Travel Agent, Online Review, Trust, Hotel Booking Intention


Refbacks

  • There are currently no refbacks.