Analisa Faktor Pembentuk Keputusan Pembelian Mekar Jaya Elektronik Banjarmasin

Henny Merdeka Putri(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Usaha ritel atau eceran (retailing) merupakan semua kegiatan yang terlibat dalam penjualan barang atau jasa secara langsung kepada konsumen akhir untuk penggunaan pribadi dan bukan penggunaan bisnis. Sebagai salah satu usaha ritel, Mekar Jaya Elektronik Banjarmasin harus memiliki keunggulan bersaing agar dapat bertahan dan berkembang sehingga strategi bauran pemasaran eceran (retail mix) menjadi sangat penting. Hasil dari penelitian ini menunjukan adanya 7 faktor pembentuk keputusan pembelian di Mekar Jaya Elektronik, yaitu faktor lokasi, faktor harga, faktor produk dan merk, faktor desain toko, faktor pemanfaatan ruang, faktor SDM, dan faktor komunikasi. Dimana diketahui melalui analisis faktor bahwa faktor lokasi merupakan faktor yang memiliki pengaruh paling besar.


Keywords


retail mix, customer service, design store & layout, communication mix, location, merchandise assortment, price, keputusan pembelian

Full Text:

PDF

References


American Marketing Association. 2003. Perilaku Konsumen dan Implikasi dalam Strategi Pemasaran. Terjemahan Nugroho Setiadi J. PT. Prenada Media. Jakarta

Grewal, Dhruv., Michael Levy. (2008). Marketing. USA: The McGraw-Hill

Kotler, Philip. (2003). Manajemen Pemasaran. Edisi kesebelas, Jakarta: Indeks Kelompok

Kotler, Philip. (2007). Marketing Management. New York : Pearson Prentice Hall

Kotler, Philip dan G. Armstrong. (1997). Dasar-dasar Pemasaran. Edisi Bahasa Indonesia. Jilid 1 dan 2. Jakarta. Prenhallindo

Kotler, Philip and G Amstrong. (2004). Prinsip – Prinsip Pemasaran edisi sepuluh jilid 1. Jakarta : PT. Indeks Kelompok

Kotler, Philip and Keller, Kevin Lane. (2009). Marketing Management (13th ed). New Jersey: Upper Saddle River.

Lamb, et. al. 2001. Pemasaran Buki 1. Jakarta: Salemba Empat

Levy and Weitz (2009). Retailing management (7th ed.). New York: McGraw Hill

Lucas, George H. Robert P Bush, Larry G. Gresham. (2002). Retailing. New York : Houghton.

Maholtra, N.K. (2004). Marketing Research, Fourth Edition. Prentice Hall: Pearson Education, Inc.

Malhotra, N. (2005). Riset Penelitan: Pendekatan Terapan. (Edisi Keempat) Jakarta : PT. Indeks Kelompok Gramedia

Santoso, Singgih, (2003). Statistik Multivariat. Jakarta : Elex Media Komputindo

Sigid, Triyono, (2001). Faktor Pemuas Pelanggan di Bisnis Eceran, http://www.fekon.com/infobisnis.34.htm

Sugiyono. (2005). Memahami penelitian kualitatif. Bandung. Alfabeta.

Sugiyono. (2009). Memahami penelitian kualitatif. Bandung. Alfabeta.

Suliyanto. (2005). Analisis Data Dalam Aplikasi Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Tice, Carol. (2012). 7 Layout Secret of The Big Retail Chain. http://www.entrepreneur.com/article/223808. Diakses pada tanggal 8 Maret 2013

Stanton, William, J (1994). Fundamental of Marketing. Thenth ed. Mc, Graw Hill Inc; Singapore


Refbacks

  • There are currently no refbacks.