ANALISIS PENGARUH MEDIA SOCIAL PROMOTION DAN CUSTOMER PERCEPTION TERHADAP REPURCHASE INTENTION DI SHOPEE

Kevin Poandy(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Analisis Pengaruh Media Social Promotion dan Customer Perception terhadap Repurchase Intention di Shopee. Promotion merupakan ujung tombak perusahaan untuk menarik perhatian Customer. Pada era globalisasi ini dimana perkembangan tekonologi semakin pesat, begitu pula perkembangan sosial meda yang fungsinya sekarang tidak hanya sebagai sekadar media komunikasi tetapi juga dapat menjadi media promosi.Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisa pengaruh dari Promotion di Media Social(Pesan Promosi, Media Promosi, Waktu Promosi, Frekuensi Promosi)terhadap Repurchase Intention (Psikologis, Pribadi, Sosial) dengan Customer Perception (Outcome Quality, Customer Service, Process Controllability, Ease to Use, Information Quality, Website Design) sebagai variable intervening Pada Shopee.Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuisioner kepada 100 responden yang memiliki pengalaman atau pernah berbelanja di Shopee. Teknik analisa yang digunakan adalah teknis analisis kuantitatif dengan metode path analysis.


Keywords


Promotion, Media Social,Repurchase Intention, Customer Perception

References


Abdillah, W., dan J.Hartono. 2015. Partial Least Square (PLS). Penerbit Andi. Yogyakarta.

Akhter, s., Rizwan, M., Shujaat, S., & Durrani, Z. (2014). The Impact of Retail Shoes Sales Promotional Activities on Ladies ‘Purchase Intentions. Journal of Public Administration and Governance, 4(2), 166-178.

Chiew, S.W., Ariff, M.S., Zakuan, N., Tajudin, M,N,M. (2014). “Consumers Perception, Purchase Intention and Actual Purchase Behavior of Organic Food Products”. Universiti Teknologi Malaysia, Malaysia.

G. Schiffman, L & Kanuk,L.(2000). Consumer Behavior. (2nd ed.). New Jersey: Prentice-hall Inc.

Gartner (2014), “What a 37% increase in mobile advertising spending means for digital marketers”, available at: www.gartner.com/doc/2732818?ref=SiteSearch&sthkw=advertising%20revenue&fnl=search&srcId=1-3478922254 (accessed October 10-15, 2014).

Hellier, P.k., Geursen, G. M., Carr, R. A., Rickard, J. A. (2003). Customer Repurchase Intention: A General Structural Equation Model. European Journal of Marketing, 37(11), 1762-1800.

Jones, Michael A.,dkk. ”The Effect Of Locational Convenience On Customer Satisfaction Repurchase Intention Across Service Types”, Journal of Service Marketing, Vol.17 No. 7 2003,pp.701-712.2003.

Kotler, Keller. (2016). Marketing management. 15e, Boston, Pearson Education.

Kotler, Philip. (1999). Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian Jilid 1(Edisi Keenam). Jakarta: Erlangga.

Mangkunegara, A. P. (2000). Perilaku Konsumen. Bandung: Reika Aditama.

Peter, P. J., & Olson, J. C. (2002). Perilaku Konsumen dan Strategi (4th ed.). Jakarta: Erlangga.

Qin Su, Zhao Li, Yong-tao Song, and Ting Chen, (2008),"Conceptualizing consumers' perceptions of e-commerce quality", International Journal of Retail & Distribution Management, Vol. 36 Iss 5 pp. 360 – 374.

Rodgers, S. and Thorson, E. (2000), “The interactive advertising model: how users perceive and process online ads”, Journal of Interactive Advertising, Vol. 1 No. 1, pp. 41-60.

Sugiyono. (2009). Metode penelitian bisnis: pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D (Cetakan 14).Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.