PENGARUH CONTENT MARKETING TERHADAP CUSTOMER RETENTION DENGAN BRAND EXPERIENCE DAN CUSTOMER ENGAGEMENT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PENGGUNA ROKOK DJARUM DI SURABAYA

Nico Nico

Abstract


Perusahaan rokok dewasa ini dihadapkan dengan perubahan teknologi yang berangsur ke jaman digital, banyaknya regulasi pemerintah tentang pembatasan iklan rokok membuat para pebisnis rokok harus memikirkan cara kreatif untuk membuat strategi pemasaran digital yang tepat . Dalam pemasaran digital, konten merupakan suatu hal yang utama dalam pembuatan iklan yang menarik, sehingga terdapat strategi didalam komunikasi pemasaran digital saat ini yang tepat adalah Content Marketing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh Content Marketing terhadap Customer Retention  dengan Brand Experience dan Customer Engagement. Penelitian ini dilaksanakan dengan menyebar kuisioner kepada 100 reaponden yang telah mengkonsumsi rokok merk Djarum. Teknik analisa yang digunakan yaitu teknik analisa kuantitatif dengan menggunakan metode Path Analysis

Keywords


Content Marketing, Brand Experience, Customer Engagement, Customer Retention

References


Abdillah, W., & Hartono, J. (2015).Partial Least Square (PLS) - alternatif Stuctural Equation Modeling (SEM) dalam penelitian bisnis. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Brakus, J.J., Schmitt, B.H., Zarantonello, L.

(2009). Brand experience: What is

it? how is it measured? does it affect loyalty? Journal of Marketing research. 73(3), 52–68

Brodie, R., Hollebeek, L., Juric, B., & Ilic,

A. (2013). Consumer engagement in a virtual brand community: An exploratory analysis. Journal of Business Research, 66, 105–114.

Dina Mansour, Hortensia Barandas. (2017)

"High - tech entrepreneurial

content marketing for business model innovation: A conceptual framework", Journal of research in interactive marketing, 11(3), 296-311. Retrived from https://doi.org/10.1108/JRIM-03-2016-0022

Du Plessis C (2017). The role of content

marketing in social media content communities. South Africa Journal and Information Management. 19(1),1-7. Retrived from https://doi.org/10.4102/sajim.v19i1.866

Gengeswari K, Padmashantini P, and

Fernandes T, Esteves F (2016). Customer engagement and loyalty: A comparative study between service contexts. Service Marketing, 37(2), 125-139.

Jumlah perokok di Indonesia nomor satu di dunia .(2018). Retrieved from https://doktersehat.com/jumlah-pria-perokok-di-indonesia-nomor-satu-di-dunia/

Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran

Edisi 12. Jilid 2. Jakarta: PT.Indeks.

Pažėraitė, A., & Repovienė, R. (2016). Content marketing elements and their influence on search advertisement effectiveness: theoretical background and practical insights. Management of Organizations: Systematic Research, 75, 97–109. Retrieved from https://doi.org/10.7220/mosr.2335.8750.2016.75.7.

Sejarah berdiri perusahaan rokok PT. Djarum (2011). Retrieved from http://pandri-16.blogspot.com/2011/11/sejarah-berdiri-perusahaan-ptdjarum.html

Sugiyono. (2009). Metode penelitian kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Trasorras, Rene & Weinstein, Art & Abratt,

Russell & Wayne Huizenga, H. (2009).Value, satisfaction, loyalty and retention in professional services. Marketing Intelligence & Planning, 27(5), 615-632.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.