Analisa Credibility Celebrity Endorser Model : Sikap Audience terhadap Iklan dan Merek Serta Pengaruhnya Pada Minat Beli "Top Coffee"

Natalia Soesatyo

Abstract


Persaingan  antara produsen kopi instant di Indonesia semakin marak. Para produsen Kopi instant di Indonesia berkompetisi untuk menciptakan produk kopi yang berkualitas dan digemari masyarakat. Selain itu mulai banyak perusahaan yang melihat dan menggunakan kredibilitas Selebriti endorser untuk mengiklankan produknya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kredibilitas selebriti endorser terhadap sikap audience iklan dan sikap merek serta pengaruhnya terhadap minat beli konsumen “Top Coffee”. Dalam penelitian ini digunakan sebanyak 30 responden, metode yang akan digunakan adalah non probability yaitu purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan metode analisis data dilakukan dengan content analysis. Hasil penelitian yang dapat diambil dari penelitian ini, bahwa penggunaan selebriti endorser dapat meningkatkan respon audience terhadap produk yang di iklankan.


Keywords


Celebrity Endorser, Iklan, Merek, Minat Pembelian, Sikap Audience.

Full Text:

PDF

References


Aditya Nugroho. 2005. ISO 9001 di Proses Kerja, Edisi ke-5, AIMS Perdana, Jakarta.

Ali, Mohammad dan Asroni, Mohammad, 2000. Psikologi Remaja. Jakarta : PT. Bumi Aksara

Ating Somantri dan Sambas Ali Muhidin. 2006. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.

Arikunto, Suharsimi : Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta: 2006.

Assael, H. (1998). Consumer Behavior and Marketing Action 6th edition. New York : International Thomson Publishing.

Asmadi. 2008. Tehnik prosedural: Konsep dan applikasi kebutuhan dasar klien. Jakarta: Salemba Medika.

Babbie, Earl R., The Pravtice Penelitian Sosial, 4th Edition, Belmont, CA, Wadsworth, 1986.

Bearman, P. W. and M. M. Zdarkovich. 1987. Flow Around a Circular Cylinder Near a Plane Boundary, Journal of Fluid Mechanic. Vol 89. 33-47.

Belch, George E. 1986.“ The Effects of Television Commercial Repetition on Cognitive Response and Message Acceptance”. Journal of Consumer Research.Vol. 9, No.1, pg. 56.

Belch, G.E, Belch, Michael A. 2009. Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communication Perpective 8th Edition. New York:Mc Graw Hill.

Byrne, Angela, Maureen Whitehead, dan Steven Breen (2003), “The Naked Truth of Celebrity Endorsement,” British Food Journal, Vol.105 No.4/5, pp288-296.

Bungin, Burhan, 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Raragrafindo Persada.

Bungin, Burhan, 2003. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Raragrafindo Persada.

Bungin, Burhan. 2008. Sosiologi Komunikasi. Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Byrne, Whutehead, dan breen. 2003. The truth of celebrity endorsement

Cavanagh,J. Michael. 2002. The Conseling Experience. Waveland: United States of America

Chaney, David. 1996. Life styles. Yogyakarta : Jalasutra

Choi,S.M. and Rifon,N.J.(2007) Who Is the celebrity in advertising?Understanding dimensions of celebrity images, The journal of popular Culture,40(2), 304-324.

Cohran, W.G., 1979, Sampling Technique. Third Edition. New York : John Wiley & Sons.

Cooper, D.R. 1997. Business Research Methods. US: Irwin.

Cooper, D.R. dan Pamela S.S. (2001). Business Research Methods. New York: Mc.Graw- Hill Companies, Inc.

David M. Levine, David Stephan, Timothy C. Krehbiel & Mark L. Berensen, 2002, Statistic for Managers Third Edition, New Jersey: Pearson Education Inc

Deming, W.E., 1950, Some Theory of Sampling. New York: John Willey & Sons

Djumhur,I dan Moh.Surya, 2011. Bimbingan dan Penyuluhan diSekolah. Bandung : CV Ilmu

Domu, Ichdar : Bahan Kuliah Metodologi Penelitian, Program Studi Manajemen Pendidikan Pasca Sarjana Universitas Manado:2009.

Durianto, Sugiarto, Widjaja dan Supraktino. 2003. Invasi Pasar Dengan Iklan

Yang Efektif. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Effendy. 1983. Media Massa dan Periklanan. Bandung : Alumni

Elina,H.K.and Leila,H.(2010) Who endorses whom? Meaning transfer in celebrity endorsement, Journal of product and Brand Management, 19(6),452-460.

Emzir,Prof. Dr. M.Pd. 2009. Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Jakarta : Raja Grafindo Persada

Escalas,J.E. and Bettman,J.R. (2009) Connecting with celebrities:Celebrity endorsement, Brand meaning, and self-brand connections,Working paper.

Faisal, Sanafiah, 2003. Format – Format Penelitian Sosial. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Featherstone, Mike. 2001. Postmodernisme dan Budaya Konsumen. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Festinger,L.(1957) A Theory of Cognitive Dissonance. Stanford University Press.

Hasan, Sandi Suardi. 2011. Pengantar Cultural Studies; Sejarah, Pendekatan Konseptual & Isu Menuju Studi Budaya Kapitalismw Lanjut. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.

Ibrahim, Idi Suandy. 2007. Budaya Populer Sebagai Komunukasi. Yogyakarta : Jalasutra Cetakan 1.

Ismiyanto, Pc. S. 2010. Strategi dan Model Pembelajaran Seni. Semarang: Jurusan Seni Rupa Unnes.

James H. McMillan & Sally Schumacher. 2001. Research In Education a Conceptual Introduction. 5th Edition. New York: Addison [38] Wesley Longmen Inc.

Karim,S.et al. 2007. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Serta Mengembangkan Keterampilan Berpikir. Bandung.

Kasali, Rhenald, 1995, “Manajemen Periklanan, Konsep dan Aplikasinya di Indonesia”, Edisi 4, Jakarta PAV-Ekonomi.

Kasiram, Mohammad. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif-Kuantitaif, Malang: UIN Malang Press

Kerlinger, FN. 1971. Yayasan Penelitian Behavioral, 2nd Ed, New York: MacMillan.

Keller, K.L., Heckler, S.E. and Houston, M.J. 1998. The Effects of Brand Name Suggestiveness on Advertising Recall.Journal of Marketing. Vol. 62, pp. 48-57.

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. 2006. Marketing Management. 12th edition. New Jersey : Prentice Hall

Kharis, Philip. 2005. Management Pemasaran. Gramedia

Kriyantono 2006, Teknik Praktis Riset Komunikasi, Jakarta, PT Kencana Prenada Media Group.

Kriyantono, Rachmat, 2006, Teknik Praktis Riset Komunikasi, Jakarta: Kencana Prenada Group

Kurniawati,Dyah. 2009. Studi Tentang Sikap Terhadap Merek dan Implikasinya Pada Minat Beli Ulang. Universitas Diponegoro, Semarang.

Lauer H. Robert. 2003. Perspektif Tentang Perubahan Sosial. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Maleong, Lexy J. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Meleong, Lexy J., 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosadakarya.

Mehta, A.J., 1994. Hydraulic Behaviour of Fine Sediment. Coastal, Estuarial and Harbour Enginer’s Reference Book, Chapman and Hall, London.

Moh. Nazir, Ph.d. Penelitian menggunakan metoda, Penerbit Ghalia Indonesia, Jakarta, 2005).

Nana Saodih.2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nasution, M.N. 2001. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management).

Jakarta:Penerbit Ghalia Indonesia.

Narwako, J Dwi dan Suyanto, Bagong, 2004. Sosiologi Teks Pengantar Dan Terapan. Jakarta : Prenada Media Group

Noeng Muhajir. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Raka Serasin.

Olson, Jerry C., Daniel R. Toy, & Philip A. Dover. 1986. “Do Cognitive Responses Mediate the Effects of Advertising Content ini Cognitive Structure?”.Journal of Consumer Research.Vol 9, No 3, pg. 245.

Paul Peter and Jerry C.Olson. 2009. Consumer Behaviour and Marketing Strategy 7th Edition Mc Growhill.

Temporal,Paul and K.C.Lee. 2002. Hi-Tech Hi- Touch Branding Menciptakan Merek Dalam Era Teknologi. Jakarta: Salemba 4.

Rakhmat ,Jalaludin, 1999, Metode Penelitian Komunikasi, Rosdakarya, Bandung .Sudradjat M,2002, Metode Penarikan Sampel dan Penyusunan Skala, UNPAD Bandung.

Riyanto,Makmun. 2008. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Efektifitas Iklan dan Implikasinya Terhadap Sikap Merek.

Ritzer, George. 2004. Sosiologi Ilmu Berparadigma Ganda. Jakarta : PT.RajaGrafindoPersadaSunarto,

R. J. McCracken, 1980. Soil Genesis and Calssification. Second Edition. The Iowa State University Press, Ames. Halaman 100-101.

Robbins, Stephen P. 2008. Organizational behavior. 11 th edition. Pearson Prentice Hall, New jersey.

Robbins, Stephen P. (2006). Organizational Behavior. Tenth Edition. Edisi Bahasa Indonesia. PT Indeks Kelompok Gramedia. [68] Robertson. 2007. Perilaku Organisasi, Buku 1 dan 2. Jakarta : Salemba Empat Robbins & Coulter. 2007. Manajemen. Jakarta : Indeks. [67] Rodriguez D, Andrade FH, Goudrian J. 1999. Effects of phosphorus nutrition on tiller emergence in wheat. Plant Soil 209: 283-295. [70] Rogers, Mary F. 2009. Barbie Culture ; Ikon Budaya Konsumerisme. Yogyakarta : Relief.

Ron Mcdaniels. 2009. Buzzoodle Buzz Marketing. Jakarta:PT.Elex Media Komputindo. [72] Rosenberg, M. J. (2001). E- learning: Strategies for delivering knowledge in the digital age. New York: McGraw-Hill. [69]Ruane, Janet. Second Thoughts: Seeing Conventional Wisdom Through the Sociological Eye. 5th Edition. LA: Pine Forge Press. [70] Schiffman, Leon G., & Leslie lazar Kanuk. 2010. Consumer Behavior, 7thed, New Jersey: Prentice-Hall [71] Soeprapto, Riyadi. 2002. Interaksionisme Simbolik. Malang : Averroes Press [76] Soekanto, Soerjono, 2001. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta : PT.Raja Grafindo Persada [72] Shimp, Terence A. 2000/2003. Advertising Promotion and Supplement Aspect of Integrated Marketing Communication 5th Edition ; Alih Bahasa : Priklanan Promosi dan Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu, edisi ke-5, Terjemahan : Reyvani Syahrial, Jakarta : Erlangga Strategi memimpin pasar. Jakarta. PT.Gramedia Pustaka Utama [73]Sugiyono. 2001. Metodelogi Penelitian Bisnis. Alfabeto. Bandung [74] Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta [75] Suhandang. 2005. Periklanan Manajemen, kiat dan Strategi, Bandung,Nuansa. [76] Suharto, BAHAN kuliah Statistika, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Metro, 2007

Sumber Buku Metode Penelitian Komunikasi Karya Bambang Setiawan

Sumarno, 2002. Memadu Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah IAIN Antasari Samarinda dan Pustaka Pelajar

Sunarto, Kamanto. 2004. Pengantar Sosiologi. Jakarta : Lembaga Penerbitan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Susilo. 2007. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta:Pustaka Book Publiser.

Till, Brian D. and Daniel W. Baack. 2005. Recall andPersuasion: Does Creative Advertising Matter?.Journal of Advertising. Vol. 34 No. 3, 47-58.

Till, Brian D. & Michael Busler. 2000. The Match- Up Hypothesis: Physical Attractiveness, Expertise, and The Role of Fit on Brand Attitude, Purchase Intention, and Brand Belief. Journal of Advertising.29, 1- 13.

Wellman B. 2002. “Studying Personal Communities” dalam Peter Marsden dan Nan Lin(eds.), Social Structure and Network Analysis. Baverly Hills: Sage.

William Wells,John Burnett,and Sandra Moriaty. 1988. Advertising Principle and Practice : Prentice Hall.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.