Analisa Sikap Audience Terhadap Product Placement dan Keputusan Pembelian (Studi Kasus Product Placement Indosat Mentari pada Reality Show Xfactor Indonesia)

Chris Irwanto Saputra(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Product placement merupakan salah satu alternatif promosi melalui media dengan cara yang lebih halus dan hal tersebut sudah merambah bukan saja pada sebuah film namun juga pada acara televisi. Kurang efektivitasnya sebuah iklan yang terterah pada jeda setiap acara televisi membuat sebuah merek sjuga berusaha di masukan kedalam sebuah acara televisi agar mudah dilihat oleh audience. Penelitian ini membahas sikap audience terhadap product placement dan keputusan pembelian berpengaruh terhadap product placement dari merek mentari pada acara televisi Xfactor indonesia. Sozialisation agent di gunakan sebagai dasar untuk mengukur sikap audience terhadap product placement dan keputusan pembelian suatu konsumen. adapun variabel dalam sikap audience terhadap product placement yaitu dari sikap positif dan sikap negatif yang di berikan responden, sedangkan untuk keputusan pembelian yaitu terdiri dari pengaruh marketing, pengaruh sosial, pengaruh situsional, dan pengaruh psikologis.

Pada penelitian ini diketahui bahwa socialization agent responden berpengaruh kepada sikap audience terhadap product placement dan keputusan pembelian audience. Audience dipengaruhi oleh teman, keluarga, dan acara televisi dalam mengetahui suatu merek atau acara televisi. Hal ini akan berdampak pada sikap positif audience terhadap product placement dan keputusan pembelian.


Keywords


Product placement, sikap audience, keputusan pembelian, socialization agent.

Full Text:

PDF

References


Avery, R. J., & Ferraro, R. (2000).Verisimilitude or Advertising? Brand Appearances on Prime Time Television. Journal of Consumer Affairs , 34.

Balasubramanian, S. K., Karh, J. A., & Patwardhan, H. (2006).Audience response to product placement: An Integrative Framework and future Research Agenda. Journal of Advertising , 124-127.

Belch, G. B. (2012). Advertising an Promotion: An Integrated Marketing Communication Perspective. New York: Mc Graw Hill.

Belch, G.E & Belch, M.A. (2007). Advertising and Promotion : An Integrated Marketing Communication Perspective, 7th Edition. New York: McGraw Hill.

Belch, George E., Belch, Michael A. (2009). Advertising and Promotion : An Integrated Marketing Communication Perpective. 8th Edition. New York : McGraw-Hill.

Burhanudin T, (2012). Berawal Dari Sebuah Novel. Majalah Marketing, Jakarta.

Burns, Alvin C. dan Bush, Ronald F. (2007). Marketing Research (International Edition), Prentice Hall Inc., Upper Saddle River, New Jersey.

Cebrzynski, G. (2006). Lights! Camera! Product Placement! Nation's Restaurant News, New York, December 4, 40(49), 1-5.

Cooper & Schindler.(2006). Marketing Research. New York: The McGraw-Hill. Companies, Inc.

Crossman, Ashley. (2008). Article: In-depth Interview, about.com

Duncan, T. (2012).Advertising & IMC. Singapore: Mc Graw

Falkow, S. (2010).PR Trends 2010: Branded Content. The Proactive Report.Retrieved on November 14, 2010 from http://www.proactivereport.com/c/pr/pr-trends-2010-brandedcontent/.Hll.

Galican, Mary-Lou, and Bourdeau, Peter G (2004), “The Evolution of Product Placement in Hollywood Cinema:Embedding High-Involvement ‘heroic’ Brand Image”.

Gregorio, Federico de, & Sung, Yongjun (2010). Undestanding Attitudes Toward and Behaviors in Response to Product placement.

Gupta, P. B. A & Gould, S. J., (2007), “ConsumerPerceptions of The Ethics & Acceptability of Product Placement in Movies: ProductCategory & Individual Differences”. Journal of Current Issues & Research in Advertising, 20(Spring)

Hunt, Shelby D. and Robert M. Morgan (1993). “Marketing and comparative Advantage Theory of Competition,” Journal of Marketing, 59 (2): 1-15

Husni,A. 2010. Analisis Pengaruh Brand Awareness terhadap Brand Attitude Handphone Merek Nokia

Ibrahim, I. (2007). Kecerdasan komunikasi seni komunikasi kepada publik. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Keller, K. L. (2003). Strategic brand management. New Jersey: Prentice-Hall,Inc

Kong, F dan Hung, K. (2012). Product Placement in Television Drama. Hongkong Baptist University. Hongkong

Kotler, P (2008) Principle of Marketing , 12th ed., New jersey : Prentice Hall

Kotler, Philip and Gary Armstrong. (2012). Principles of Marketing. Prentice Hall International, Inc: New Jersey

Kotler, P. & Keller K.L. (2007).Marketing Management.13th Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Kotler, Philip and Kevin L. Keller. (2009). Marketing Management 13th edition. Prentice Hall International, Inc: New Jersey

Kozary B and Baxter S. (2007). The Influence of Product Placement Prominence on Consumer Attitudes and Intentions: A Theoretical Framework, University of Newcastle

Kurniawati,Dyah. (2009). Studi Tentang Sikap Terhadap merek dan Implikasinya Pada Minat Beli Ulang. Universitas Dipongoro, Semarang

Kwon, E. S. (2012). Exploring Consumers Atitudes and Behavior toward Product Placement in Television Shows. Syracause University. Carbondale

Malholtra, Naresh K. (2007). Marketing Research : An Applied Orientation. 5th ed.Pearson Education, Inc. New Jersey

Miles, Matthew dan A. Michael Huberman. (1992). Analisis data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Moleong, Lexy. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Noor, A.R. (2012, Desember 17).Mentari ingin Bersinar Terang Setelah Redup 2 Tahun.Retrived Maret 12, 2013, from detik.com: http://inet.detik.com/read/2012/12/17/151358/2120597/328/mentari-ingin-bersinar-terang-setelah-redup-2-tahun

Panda, T.K. (2004). Consumer Response to Brand Placements in Films Role of Brand Congruity and Modality of Presentation in Bringing Attitudinal Change Among Consumers with Special Reference to Brand Placements in Hindi Films. South Asian Journal of Management, New Delhi, 11(4), October-December, 7-26.

Permana, C.Y (2007) Gap Analysis Terhadap Saluran Pemasaran dalam Industri Intra Venus (IV) Solution.Universitas Indonesia. Jakarta

Peter, J Paul., Donnelly, H James, Jr. (2007). Marketing Management Knowledge and Skills: International Edition. Mc Graw Hill, New York.

Rosengren, Wenner, dan Palmgreen. (1981). The model of uses and gratifications. London : Sage Publication

Rumambi, L. J. (2008). Analisa Faktor yang mempengaruhi sikap Audience terhadap product placement dalam acara TV (studi kasus indonesian idol 2007 dan mamamia show 2007) , 8-10.

Silalahi, M. (2013, Maret 16). Pemirsa Indonesia Habiskan 197 jam untuk Menonton Sinetron. Retrieved Maret 20, 2013, From MIX.co.id:http://mix.co.id/research/pemirsa-indonesia-habiskan-197-jam-untuk-menonton-sinetron/

Silalahi, M. (2012, Desember 17). Genjot Kartu Prabayar, Indosat Remajakan Mentari. Retrieved Desember 17, 2012, From MIX.co.id:http://mix.co.id/marketing-update/genjot-kartu-prabayar-indosat-remajakan-mentari/

Smit, E.; van Reijmersdal, E. & Neijens, P. (2009). Today’s Practice of Brand Placement and the Industry Behind It. International Journal of Advertising, 28(5), 761-782.

Sugiyono. (2007). “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D”. Bandung: Alfabeta.

Supranto, J dan Limakrisna. (2007). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran Untuk Memenangkan Persaingan Bisnis. Mitra Wacana Media, Jakarta.

Tiwsakul, R. Hackley, C. & Szmigin, I., (2005), ‘Explicit, Non-Integrated Product Placement in British Television Programmes’. International Journal of Advertising, 24, 1, pp. 95–111

Website,Tempo.co(http://www.tempo.co/read/news/2012/04/05/173394946/Televisi-Jejali-Penonton-dengan-Iklan-Susupan)

Website,Wikipedia(http://en.wikipedia.org/wiki/X_Factor_Indonesia_%28season_1%29)

Wellman, B . 2002. “Studying Personal Communication” dalam Peter Marsden dan Nan Lin(eds.), Social Structure and Network Analysis. Baverly Hills: Sage.

Wijaya, B.S. (2012). Dimensi Brand Image dalam Komunikasi Merk


Refbacks

  • There are currently no refbacks.