Pengaruh Store Atmosphere dan Service Quality terhadap Customer Satisfaction pada Qen-di Garden Resto and Grill Sidoarjo

Dita Yessyatmoko Putri(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui elemen-elemen Pada Store Atmosphere dan Service Quality yang meliputi Exterior Facilities, General Interior, Store Layout, Interior Display, Responsiveness, Reliability, Assurance, Empathy, dan Tangible mempengaruhi Customer Satisfaction pada Qen-di Garden Resto and Grill di Sidoarjo. Diantara Sembilan elemen pada Store Atmosphere dan Service Quality, elemen yang paling mempengaruhi  Customer Satisfaction pada Qen-di Garden Resto and Grill di Sidoarjo. Penelitian ini dilaksanakan dengan menyebarkan kuisioner kepada 125 responden yang mengunjungi Qen-di Garden Resto and Grill Sidoarjo. Alat analisa yang digunakan untuk mengukur Pengaruh Store Atmosphere dan Service Quality terhadap Customer Satisfaction adalah analisa Resgresi Linear Berganda.

            Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variable Store Atmosphere dan Service Quality berpengaruh terhadap Customer Satisfaction pada Qen-di Garden Resto and Grill di Sidoarjo. Sedangkan faktor yang paling dominan mempengaruhi Customer Satisfaction adalah Service Quality.


Keywords


Store Atmosphere, Service Quality, Customer Satisfaction

Full Text:

PDF

References


Abdulhakim. (2001). Statistika deskriptif untuk ekonomi dan bisnis. Yogyakarta: Ekonisisa.

Berman, B. and Evans, Jr. (2007). Retail Management: A Strategic Approach (10th ed.).

Berman, Joel R. Evans (Lovelock and Wright “Service Marketing”) seventh edition 2007

Fandy Tjiptono and Gregorius Chandra (2005). Service, quality, and satisfaction. Yogyakarta.

Fandy Tjiptono and Gregorius Chandra (2005). Service, quality, and satisfaction. Yogyakarta.

Ghozali. (2005). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gro¨nroos, C. (1982), Strategic Management and Marketing in Service Sector, Marketing Science Institute, Cambridge, MA.

Gudono. (2011). Analisis Data Multivariat. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Hadi, Sutrisno, 2006, Metodologi Research, Edisi Kesepuluh, Yogyakarta: Andi Offset.

Kotler, P. & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid 1. 12th Edition. Jakarta: PT.Indeks, Kelompok Gramedia.

Kotler, P. dan Keller, K.L. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas. Jilid 1. Edisi Bahasa Indonesia. PT. INDEKS e-Jurnal Apresiasi Ekonomi Volume 1, Nomor 2, Mei 2013 : 77-85.

Kotler, Philip, 1997, Manajemen Pemasaran (Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol), PT. Prenhallindo, Jakarta.

Kotler, Philip, 1997. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan pengendalian (Edisi kedelapan, terjemahan Arcella Ariwati Hermawan), Jakarta.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Salemba Empat. Jakarta.

Lovelock, C.H., Patterson, P.G., & Walker, R.H. (2001). Service marketing : An Asia-Pacific Perspective (2nd ed.). Australia : Prentice Hall.

Malhotra, N. (2004). Marketing research. Upper Saddle River: Pearson Prentice Hall. Intl.

Malhotra, N. (2005). Riset penelitian: Pendekatan terapan. (Ed.4). Jakarta : PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Malhotra, Naresh K.(2005). Riset Pemasaran Pendekatan Terapan, Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Marsum, W. (2005). Restoran dan Segala Permasalahannya. edisi 4. Yogyakarta: Andi.

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1985). A conceptual model of service quality and its implications for future research. Journal of Marketing, 49, 41-50.

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1988). SERVQUAL: A multiple-item scale for measuring consumer perceptions of service quality. Journal of Retailing, 64, 12-40. Prentice Hall. Salemba Empat.

Soekresno. Management Food and Beverage, service hotel. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Strategi Pemasaran. (2000). Edisi Pertama. Andi Ofset. Yogyakarta. Umum, hlm. 17.

Sugiyono. (2002). Metode Penelitian Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Sugiyono. (2005). Memahami penelitian kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Kesembilan. Bandung : CV Alfabeta.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Penerbit Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy, 2004. Kepuasan dalam Pelayanan. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Tjiptono, Fandy. 2001. Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Andi Ofset.Yogyakarta. 2007.

Wijaya, Tony. (2005). Pengaruh service quality perseption dan satisfaction International Edition, Englewood Cliffs.

Wojowasito dan Poerwodarminto (marsyangm, 1999:71), http://pariwisatadanteknologi.blogspot. com/2010/06/pengertian-dan-klasifikasi-rumah-makan.html.

Yusanto dan Widjayakusuma, 2002 http://www.pengertianbisnis.com/pengertian-bisnis-menurut-ahli-dan-jenis-jenis-bisnis/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.