Analisa pengaruh visibility, credibility, attraction, dan power celebrity endorser terhadap brand image bedak marcks venus

Fransisca Juanda Kurniawan(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


AbstrakPenelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana dimensi visibility, credibility, attraction, dan power brand endorser mempengaruhi brand image bedak Marcks Venus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi visibility, credibility, attraction, dan power brand endorser yang mampu mempengaruhi brand image bedak Marcks Venus. Secara teoritik, brand endorser mampu membentuk brand image kearah positif jika brand endorser mampu menjaga reputasi dan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap merek tersebut. Adapun empat dimensi yang akan diteliti dari celebrity endorser, yaitu visibility, credibility, attraction, dan power terhadap brand image bedak Marcks Venus. Penelitian ini dilakukan di Surabaya dengan 100 orang responden. Kuisioner didesain menggunakan skala likert dan dianalisis dengan menggunakan analisa regresi linear. Hasil peneltian ini menunjukkan bahwa visibility, credibility, attraction, dan power brand endorser memiliki pengaruh terhadap buying intention. Akan tetapi, hanya visibility dan attraction brand endorser yang memiliki pengaruh signifikan.


Keywords


Visibility, Credibility, Attraction, Power, Brand endorser, Brand image

Full Text:

PDF

References


Measure Celebrity Endorsers’ Perceived Expertise, Trustworthiness, and Attractiveness, Journal of Advertising, Vol. 19, pp.39–52.

Patra, Supriyo dan Saroj Kumar Datta. 2010. Indian Sports Celebrities as Brand Endorsers: An Analysis Based on ‘Q’ Score Technique, The IUP Journal of Marketing Management, Vol.9 No.3, pp.57-70

Putro, Adityo. 2009. Analisis Efektivitas Banner Ads untuk Meningkatkan Brand Image Produk/Jasa di Indonesia: Studi Kasus Kaskus.us dan Detik.com, available on: http://library.gunadarma.ac.id/repository/view/3752409/analisis-efektivitas-banner-ads-untuk-meningkatkan-brand-image-produk-jasa-di-indonesia-studi-kasus-kaskusus-dan-detikcom.html/ (diakses tanggal 18 Januari 2014).

Rakhmat, J. 2005. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rini, Endang Sulistya., dan Astuti, Dina Widya. 2012. Pengaruh Agnes Monica Sebagai Celebrity Endorser Terhadap Pembentukan Brand Image Honda Vario, Bisma Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol. 6, No. 1, pp.1-12.

Royan Frans M. 2004. Sales Force (Meningkatkan Penjualan Dengan Rancangan Bangun Sales Force Effective). Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.

Royan, Frans M, 2005. Marketing Selebritis. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

Shimp, Terence A. 2000. Periklanan Promosi. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sugiyono. 2007. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta

Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Supranto, J. 2011, Pengukuran Tingkat Kepuasan pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: Rineke Cipta.

Suyanto, M. 2004. Analisis dan Desain Aplikasi Multimedia untuk Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. 1997. Strategi Pemasaran, Edisi 1. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.

Zainuddin,M. 2002. Metodologi Penelitian, Panduan mahasiswa Program Pascasarjana Unair, Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.