pengaruh private brand strategy terhadap brand loyalty pada airmineral 600ml merek alfa di alfamart siwalankerto surabaya

hendra cahyadi(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


 Beberapa penjual eceran (retailer) di Indonesia mencoba untuk mengemas produk yang dijual dengan kemasan dan merek sendiri (private label/private brand). Hal ini dilakukan tentunya dengan pertimbangan perusahaan telah memiliki citra yang baik dalam menjual produk-produk yang berkualitas dan tertanam kuat di benak konsumen. Dengan harapan efisiensi biaya dapat tercapai dan mampu meningkatkan brand loyalty pada keputusan pembelian konsumen.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dengan tipe penelitian kausal. Hasil pengujian studi ini menunjukkan bahwa variabel private brand strategy mempunyai pengaruh terhadap brand loyalty.


Keywords


Private Brand Strategy, Brand Loyalty, dan Alfamart

Full Text:

PDF

References


Adity, P., & Tasrihanto, M. J. (2010). Analisis Pengaruh Brand Trust Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Private Label Dan Dampakny Terhadap Brand Loylti (Case Study Member Dan Non Member Hypermart Cabang Daan Mogot). Manajemen dan Bisnis.

Ambadar, J., Miranty A., & Yanty I. (2007). Mengelola Merek. Jakarta: Yayasan Bina Karsa Mandiri.

Berman, Barry dan Evans, Joel R. (2009). Retail management: A strategic approach (10th Edition). New delhi: Pearson Prentice Hall.

Brand Switching Analysis dalam Industri Ritel Modern, Indonesiamarketing.co.id, http://www.marketing.co.id/blog/2013/01/03/ brand-switching-analysis-dalam-industri-ritel-modern/, 3 Januari 2013, diakses 16 April 2013

Cannon, P., Perreault, WD., & EJ. McCarthy. (2008). Pemasaran Dasar: Pendekatan Manajerial Global, Edisi 6. Trans Diana Angelica dan Ria Cahyadi. Jakarta: Salemba Empat.

Chen-Cing-Liang. (2009). Jurnal Strategic thingking leading to private brand strategy that caters for customer’s shooping preferences in retail marketing, African Journal of Business Management, Vol.3 (11), pp. 741-752, November, 2009.

Durianto, D., Sugiarto & Sitinjak, T. (2004). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Fajrianthi, & Farrah, Z. (2005). Strategi Perluasan Merek dan Loyalitas Konsumen. Insan, Vol.7, No. 3, Desember 2005, pp. 276-288.

Ferdinand, A., (2006), Structural Equation Modeling Dalam Penelitian Manajemen, Edisi 3, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Fuad, M.et al. (2006). Pengantar Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gillies, Peter dan Niloufer Selvadurai, 2008. Marketing Law. Sydney: Federation Press.

Hitt, Michael A., R. Duane Ireland, dan Robert E. Hoskisson, 2011. Strategic Management: Competitiveness & Globalization, Concepts. Mason, OH: South-Western Cengage Learning.

Jap, H., dan Satyadi, E. (2010). Anatomy of Selling: Sebuah Telusur Proses Penjualan. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2008). Principles of Marketing, 12th ed. Upper Saddle River, NJ: Pearson Education.

Kotler, P., & Keller, K.L. (2009). Manajemen Pemasaran, edisi ketiga belas. Jakarta: Erlangga.

Kuncoro, M. (2009). Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Erlangga.

Malhotra, KN., dan Dash. (2009). Riset Pemasaran Pendekatan Terapan., Edisi 14 Jilid 1. Jakarta: Indeks.

Mulyana, M. (2012). Pengaruh Private Brand Strategy Terhadap Brand Equity dan Implikasinya pada Shopping Preference Konsumen Giant Supermarket Sindangbarang Bogor. Jurnal Ilmiah Ranggagading, Volume 12 Nomor 1, April 2012: 55-62.

Pepe, M. S., Abratt, R., & Dion, P. (2011). The impact of private label brands on customer loyalty and product category profitability. Journal of Product & Brand Management Volume 20 • Number 1 • 2011 • 27–36, 27–36.

Peta Persaingan Bisnis Ritel Modern di Indonesia 2009, indocashregister.com, http://indocashregister.com/peta-persaingan-bisnis-ritel-modern-di-indonesia-2009-mesin-kasir/, 17 Maret 2009, diakses 16 April 2013

Pratikno, AP. (2003). Studi Mengenai Proses Mengenai Merek. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia Volume II, No. 1, Mei 2003

Pride, William M. dan O. C. Ferrell, 2011. Foundations of Marketing. Forth edition. Mason, OH: South-Western Cengage Learning.

Purba, J. S. (2012). Analisis Pengaruh Persepsi Nilai Konsumen Terhadap Minat Beli Produk Private Label Hypermarket Carrefour. Ekonomika dan Bisnis Manajemen.

Rahayu, Eva Martha, (2009, Juli 16), Mereka yang “Ter...”, http://202.59.162.82/swamajalah/tren/details.php ?cid=1&id=9523, diakses 16 April 2013

Rangkuti, Freddy (2009). Measuring Custumer Satisfaction: Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rizan, M., Saidani, B., & Sari, Y. (2012). Pengaruh Brand Image dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Teh Botol Sosro. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI) Vol.3 No. 1. 2012.

Santoso, S. (2010). Statistik Multivariat Konsep dan Aplikasi dengan SPSS. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Shim, TA. (2003). Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu, Edisi Kelima. Trans Revy Sjahrial dan Dyah Anikasari. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.

Silalahi, Ulber. (2009). Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditama.

Simamora, B. (2003). Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sitinjak & Tumpal. (2005). Pengaruh Citra Merek dan Sikap Terhadap Ekuitas Merek, Jurnal Manajemen Merek , Volume 12 No. 2 juni.

Soegoto, Soeryanto Eddy, (2010). Entrepreneurship Menjadi Pebisnis Ulung. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Soliha, E. (2008). Analisis Industri Ritel di Indonesia. Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE), Vol. 15 No. 2, September 2008, Hal. 128 – 142.

Stahlberg, Markus dan Ville Maila, 2010. Shopper Marketing: How to Increase Purchase Decisions at the Point of Sale. Great Britain and United Stated: Kogan Page Limited.

Sugiyono.(2012).Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: Alfabeta.

Susanti, R. (2012). Poduct Private Labels Brands Sebagai Alternatif Meraih Konsumen Pada Perusahaan Ritel. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol. 12, No. 1, April 2012, 76-84.

Suyanto,M. (2007). Marketing Strategy Top Brand Indonesia. Yogyakarta: Andi.

Tandjung, Jenu, Widjaja. (2004). Marketing Management: Pendektan Pada Nilai-Nilai Pelanggan, Cetakan Keempat. Malang: Bayumedia Publishing.

Tanjung, JW. (2010). Kungfu Sales! 18 Jurus Menjual Ala Konsultan. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Tjandrasa, B.B. (2006). Potensi Keuntungan Private Label Serta Proses Pemilihan Produk Dan Pemasoknya Pada Bisnis Ritel. Jurnal Manajemen, Vol. 6, No. 1, Nov 2006.

Tjiptono, F., Chandra, G. dan Andraiana. (2008). Pemasaran Strategik, Yogayakarta.

Umar, H. (2004). Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Utami, A.K. (2012). Pengaruh Private Label Strategy Terhadap Shopping Preference Melalui Brand Equity (Studi Kasus Giant Pondok Gede). Artikel, Binus University, Kebon Jeruk – Jakarta.

Wettstein, N., Stphen B., Thomas G., Jon H.H. (2009). Do Private Labels Generate Customer Loyalty In Food Retailing?. Leibniz Institute of Agricultural Development in Central and Eastern Europe (IAMO), Theodor-Lieser-Straße 2, 06120 Halle, Germany.

Wicaksono dan Ihalauw. (2005). Pengaruh Persepsi Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Klien dan Dampaknya pada Preferensi Rekomendasi Klien. Jurnal Ekonomi Perusahaan, IBII Vol.12-No.3. September 2005.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.