Analisa Efektivitas Iklan Kosmetik Wardah Dengan Menggunakan Consumer Decision Model (CDM)

Noviany Wijaya

Abstract


Iklan merupakan proses komunikasi yang sangat penting sebagai alat pemasaran. Melihat fenomena yang ada ternyata banyaknya iklan di media televisi membuat konsumen kurang memperhatikan iklan, tak jarang pesan iklan tak dimengerti. Dari hal tersebut peneliti melakukan penelitian terkait efektivitas iklan kosmetik Wardah melalui Consumer Decision Model (CDM). Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kausal. Sampel penelitian adalah remaja perempuan yang pernah melihat iklan kosmetik Wardah dan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada 110 responden. Teknik analisa data adalah Structural Equation Model (SEM). Berdasarkan hasil analisa didapatkan kesimpulan bahwa information berpengaruh signifikan positif terhadap Brand Recognition. Brand Recognition berpengaruh signifikan positif terhadap attitude. Brand Recognition berpengaruh signifikan positif terhadap Confidence. Attitude berpengaruh signifikan positif terhadap Intention dan Confidence berpengaruh signifikan positif terhadap Intention.

 


 


Keywords


CDM,Information,brand recognition,attitude,confidence,intention.

Full Text:

PDF

References


Aaker, David A. & Myers, John G. 1987. Advertising Management. Third

Edition.New York : Prentice Hall.

Alo Liliweri. (1992). Dasar-Dasar Komunikasi Periklanan. Bandung: Citra Aditya.

Anggusti, Martono, 2010. Tanggung jawab Sosial Perusahaan. Bandung: Books Terrace &Library.

Anwar, Arifin. (2002). Ilmu Komunikasi Sebuah Pengantar Ringkas.Jakarta:

Rajawali Press.

Anwar, Syaiful. (2013). “Analisa Consumer Decision Model (CDM) Untuk mengukur Efektivitas Iklan Coca-Cola Versi Piala Dunia 2010 Di Televisi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura), Manajemen, fakultas ekonomi, Universitas Trunojoyo Madura.

Arcana., Nyoman (1996). Interpretasi regresi dan korelasi berganda. Surabaya : Fakultas ekonomi. Universitas katolik widya mandala.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Astriyani,Indri; Syamsun,Muhammad; Indrawan,Dikky. (2011)."Analisis

Efektivitas Iklan Televisi dan Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Es Krim Wall’s Magnum Berdasarkan Karakteristik Gender

(Studi Kasus Mahasiswa Program Strata-1 IPB). Jurnal Manajemen dan

Organisasi Vol II no. 3, Desember 2011.

Beritasatu. (2011). Orang Indonesia Menonton 4,5 jam per hari. Retrieved Maret 26, 2014, from ://www.beritasatu.com/hiburan/19641-orang-indonesia-4-5-jam-menonton-tv-tiap-hari.html

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2010). Multirative Data Analysis: A Global Perspective (7th ed.). New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Howard, J.A. (1989). Consumer Behavior in marketing strategy.Englewood Clifs: Prentice Hall, Inc.

Jefkins, Frank. 1982. Introduction To Marketing, Advertising And Public

Relation. London: Memilland Press Ltd.

Kasali, Rhenald. (1992). Manajemen Periklanan Konsep dan Aplikasinya. Grafiti, Jakarta. (2007). Manajemen Periklanan: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta:Penerbit Grafiti Utama.

Sutisna. (2003). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Trout, J.(2003). A Genie’s wisdom. (Eva Z. Yusuf, Trans.). Jakarta: Erlangga.

Widjaja, HAW. 2010. Komunikasi (Komunikasi Dan Humas). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Webster, F. (1999). Industrial marketing strategy (3rd ed.).John Wiley & Sons.

Wells William, et al, Advertising: Principles and Practice, Revision Edition, Prentice Hall, New Jersey, 2000


Refbacks

  • There are currently no refbacks.