Dampak Environmental Advertising melalui Iklan Televisi terhadap Minat Beli Produk Elektronik AC Inverter Panasonic pada Calon Konsumen di Surabaya

Welly Siswanto(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


AC Inverter Panasonic merupakan salah satu terobosan produk elektronik yang ramah ramah lingkungan. Penelitian ini dilaksanakan dengan menyebarkan kuisioner selama satu setengah bulan kepada 100 responden di Surabaya yang sudah melihat iklan AC Inverter Panasonic Envio. Alat analisa yang digunakan pada penelitian ini adalah Regresi Linier Sederhana.  Variabel dari environmental advertising yang di gunakan pada penelitian ini adalah credible of claim, relevance, media, attitude towards advertisement. dan information in advertisement. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh environmental advertising di media televisi terhadap minat beli pada produk elektronik AC Inverter Panasonic pada konsumen di Surabaya. Berdasarkan hasil analisa data dapat disimpulkan bahwa environmental advertising mempengaruhi minat beli pada produk elektronik AC Inverter Panasonic pada konsumen di Surabaya.

 


Keywords


AC Inverter ; Panasonic ; Environmental advertising ; minat beli ; iklan ; televisi

Full Text:

PDF

References


. Bevilacqua, Maurizio, Filippo Emanuele Ciarapica, dan Giancarlo Giacchetta. (2012). Tool for the Development of a Sustainable Supply Chain. London: Springer-Verlag London Limited.

. Banerjee, S., Gulas, C.S., & Iyer, E. (2006). Shades of green: a multidimensional analysis of

environmental advertising.

. Dahlén, Micael, Fredrik Lange, dan Terry Smith. (2010). Marketing Communications: A Brand Narrative Approach. Wet Sussex: John Wiley & Sons Ltd.

. Wehr, Kevin. (2011). Green Culture: An A-to-Z Guide. Thousand Oaks, California: Sage Publications, Inc.

. Khan, Matin. (2007). Consumer Behaviour and Advertising Management. New Delhi: New Age International.

. Leiss, William, Stephen Kline, Sut Jhally, dan Jackueline Botterill. (2005). Social Communication in Advertising: Consumption in the Mediated Marketplace. Third edition. New York: Taylor & Francis Group.

. Bloom, Paul N. dan Gregory Thomas Gundlach. (2001). Handbook of Marketing and Society. Thousand Oaks California: Sage Publications Inc.

. Ongkrutraksa, Worawan Yim. (2007). Green Marketing and Advertising. Dalam May, Steve Kent, George Cheney, dan Juliet Roper. The Debate Over Corporate Social Responsibility. New York: Oxford University Press, pp. 365-378.

. Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2008). Framework for Marketing Management. Third Edition. New Delhi: Pearson Education Inc.

. Kotler, Philip. (2004). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Prenhallinda.

. Sumarwan. (2003). Perilaku Konsumen. Jakarta: Ghalia Indonesia.

. Febryan, Ferdhy. (2010). The Power of Selling. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

. Schiffman, Leon G. dan Kanuk, Leslie Lazar. 2004. Perilaku Konsumen. Edisi ketujuh. Jakarta: Indeks. Hlm. 470-471.

. Agung, Yuliana. (2004). 101 Konsultasi Praktis Pemasaran 1. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

. Silalahi, Ulber. 2009. Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Refika Aditama. Hlm. 76-77, 115, 337.

. Ghozali, I. (2006). Statistik Nonparametrik Teori dan Aplikasi dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Hlm. 123, 133, 145, 147.

. Ahmad, Habib, Idrees Ali Shah, dan Khursheed Ahmad. (2010). Factors in Environmental Advertising Influencing Consumer’s Purchase Intention. European Journal of Scientific Research, Vol.48 No.2 (2010), pp.217-226, © EuroJournals Publishing, Inc. 2010.

. Qader, Iman Khalid A. dan Yuserrie Bin Zainuddin. (2011). The Impact of Media Exposure on Intention to Purchase Green Electronic Products amongst Lecturers. International Journal of Business and Management, Vol. 6, No. 3; March 2011, pp.240-248.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.