Analisa Pengaruh retail Mix Terhadap Kepuasan Pelanggan di Calais Grand City Surabaya

Erlin Wahono(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Perkembangan bisnis ritel di Indonesia yang semakin berkembang pesat membuat persaingan semakin meningkat. Sebagai salah satu bentuk usaha ritel, Calais harus memiliki keunggulan bersaing agar dapat tetap bertahan atau bahkan memenangkan persaingan dalam bisnis ritel. Salah satu cara untuk menciptakan keunggulan bersaing adalah dengan menerapkan strategi bauran pemasaran eceran (retail mix) yang tepat sehingga dapat memuaskan pelanggan.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh dari Retail Mix (customer service, store design & display, communication mix, location, merchandise assortment, dan pricing) terhadap Kepuasan Pelanggan di Calais Grand City Surabaya serta mengetahui faktor mana yang berpengaruh dominan terhadap Kepuasan Pelanggan di perusahaan tersebut. Penelitian ini dilaksanakan dengan menyebarkan kuesioner kepada 110 responden konsumen dari Calais Grand City Surabaya. Alat analisa yang digunakan untuk mengukur pengaruh Retail Mix terhadap Kepuasan Pelanggan adalah analisa regresi linear berganda.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan keenam variabel retail mix secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Calais Grand City Surabaya. Sedangkan faktor yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan pelanggan di café ini adalah pricing atau harga produk.

Keywords


Bauran komunikasi; Bauran Pemasaran Eceran; Desain dan Display Toko; harga, Kepuasan Pelanggan; Layanan Pelanggan; Lokasi; Merchandise Assortment ,

Full Text:

PDF

References


Berman, Barry & Evans, Joel R. (2010). Retail Management: A Strategic Approach (11th Ed.). New Jersey: Prentice Hall.

Levy, Michael & Weitz, Barton A. (2009). Retailing Management (7th Ed.). New York: McGraw-Hill Irwin. [3] Dunne, Patrick M., Lusch, Robert F., & Griffith David A. (2002). Retailing (4th Ed.). Delhi: South Western, A Division of Thomson Learning.

Grewal, Dhruv & Levy, Michael. (2010). Marketing (2nd ed.). New York: McGraw Hill.

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. (2009). Marketing Management (13th Ed.). New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Wijaya, Tony. (2005). Pengaruh Service Quality Perception dan Satisfaction Terhadap Purchase Intention : Modus Vol. 17 (1). 2005

Umar, H. (2002). Riset pemasaran dan prilaku konsumen. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2005). Memahami penelitian kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Simamora, B. (2004). Riset pemasaran: Falsafah, teori, dan aplikasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Malhotra, N. (2004). Marketing research. Upper Saddle River: Pearson Prentice Hall. Intl.

Green, S.B. (1991). How Many Subjects Does It Take To Do a Regression Analysis? Multivariate Behavioral Research, 26, 499-510.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.