Analisa Pengaruh Price Service Quality, dan Corporate Image Terhadap Customer Loyalty dengan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening Konsumen Ipo Korean Cafe dan Restaurant Suarabaya

Florencia Tjandra Sia(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Ipo Korean Cafe dan Restaurant tergolong dalam bisnis restoran yang masih baru di pasar, sehingga perlu untuk mengatur price, service quality, dan corporate image yang tepat agar dapat memberikan kepuasan bagi konsumennya dan pada akhirnya membentuk loyalitas.
Penelitian dilakukan dengan membagikan kuisioner kepada 200 responden dengan perhitungan Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menunjukan bahwa service quality, corporate image dan price berpengaruh signifikan dan positif terhadap customer satisfaction dan customer satisfaction berpengaruh signifikan positif terhadap customer loyalty. Faktor yang berpengaruh dominan terhadap customer satisfaction di Ipo Korean Café and Restaurant Surabaya adalah service quality

Keywords


Price; Service Quality; Corporate Image; Customer Satisfaction; Customer Loyalty

Full Text:

PDF

References


Alex S. Nitisemito. (2000). Manajemen Personalia, Cetakan Kedelapan.

Jakarta: Penerbit Ghalia Indonesia.

Andreassen, Tor Wallin dan Lindestad, B. (1997). Customer Loyalty and Complex Services : The Impact of Corporate Image on quality, Customer Satisfaction and Loyalty for Customers with Varying Degrees of Service Expertise. International Journal of Service Industry Management.

Ferdinand, A. (2005). Structural equation modeling dalam penelitian manajemen : Aplikasi model-model rumit dalam penelitian untuk Tesis Magister. Semarang : UNDIP.

Hidup Sehat Baru Sebatas Wacana. Retrieved September 2, 2012, from

http://female.kompas.com/read/2012/06/30/09020555/Hidup.Sehat.Baru.Sebatas.Wacana.

Hurriyati, R. (2005). Bauran pemasaran dan loyalitas konsumen. Bandung: Alfabeta.

Iman, M.D.S. (2010). Citra perusahaan. Seri manajemen pemasaran. www. e-iman.uni.cc.

Kotler, P. (2000). Marketing management : The millennium edition. New Jersey : Prentice Hall International, Inc.

Kotler, P. & Keller, K.L. (2009). Marketing management 13th ed. New Jersey : Prentice Hall, Inc.

Mardalis, Ahmad. (2005,Desember). Meraih Loyalitas Pelanggan. Benefit, 9(2).

Santoso, S. (2012). Structural equation modeling: Konsep dan aplikasi dengan AMOS. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Tang W. (2007, December). Impact of corporate image and corporate reputation on customer loyalty :A review. Management Science and Engineering. 1(2).

The World Factbook of Indonesia. Retrieved Agustus 18, 2012. from,

https://www.cia.gov/library/publications/the-world-factbook/geos/id.html.

Tjiptono, Fandy. (2005). Pemasaran jasa. Cetakan pertama. Malang : Bayumedia Publishing.

Zeithaml,V.A, Bitner, M.J. & Glemler, D.D. (2009). Services marketing : integrating customer focus across the firm, 5th ed. New York : Mc Graw Hill.

Zeithaml,V.A, Wilson, A. & Bitner, M.J. (2009). Services marketing 4th ed. New Delhi : McGraw Hill.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.