ANALISA HEDONIC VALUE DAN UTILITARIAN VALUE TERHADAP BRAND TRUST DENGAN BRAND SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PRODUK PEWARNAAN L`ORÉAL PROFESSIONNEL

Gary Aditya Tanojohardjo(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pertumbuhan ekonomi di Indonesia mendorong laju pertumbuhan berbagai sektor industri. Salah satu sektor industri yang berkembang dengan baik adalah industri fashion. Industri fashion memiliki berbagai industri didalamnya, salah satunya adalah industri salon khususnya pewarnaan rambut. Perkembangan waktu, teknologi, pola pikir membuat minat konsumen terhadap pewarnaan rambut meningkat dari tahun ke tahun. Berbagai nilai-nilai dari produk seperti hedonik dan utilitarian yang mempengaruhi konsumen dalam menggunakan produk pewarnaan. Setelah penggunaan produk, perilaku konsumen terhadap suatu merek juga mempengaruhi untuk ekuitas perusahaan kedepannya. Kepuasan konsumen menjadi salah satu kunci perusahaan untuk mendapatkan kepercayaan merek konsumen terhadap merek pewarnaan L’Oréal Professionnel.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh dari nilai utilitarian dan hedonik terhadap kepercayaan merek dengan kepuasan merek sebagai variabel intervening produk pewarnaan L’Oréal Professionnel. Penelitian ini akan dilaksanakan dengan membagikan kuesioner sebanyak 100 kepada responden yang telah menggunakan produk-produk pewarnaan L’Oréal Professionnel. Teknik analisis yang akan digunakan adalah teknik analisis kuantitatif dengan metode analisa jalur (path analysis) dan SmartPLS


Keywords


L’Oréal Professionnel; L’Oréal; nilai hedonik; nilai utilitarian; kepuasan merek; kepercayaan merek

Full Text:

PDF

References


Babin, BJ. Darden, W.R. and Griffin, M. (1994). “Work and/or Fun: Measuring Hedonic and Utilitarian Shopping Value”, Journal of Consumer Research, Vol.20, pp. 91-100.

Chaudhuri, A., & Holbrook, M. B. (2001). The chain of effects from brand trust And brand affect to brand performance: The role of brand loyalty. Journal Of Marketing, 65, 81-93.

Delgado-Ballester, Elena and José Luis Munuera-Alemán (1999), "Brand trust in the context of consumer loyalty", European Journal of Marketing, 35 (11/12), 1238-58.

Durianto, Darmadi, Sugiarto, dan Toni Sitinjak. (2001), Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Edris, M (2003). Pengaruh Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Merek.

Fornell, C. Michael D, Johnson. Anderson. Eugene. Cha, Jaesung. Bryant. Barbara Everitt. (1996). The American Customer Satisfaction Index: Nature, Purpose, and Findings. Journal of Marketing, 60, 4.

Ghozali, I., & Fuad (2008).Structural Equation Modeling. (edisi 2). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam, 2010. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Edisi Keempat, Penerbit Universitas Diponegoro. International, Inc, New Jersey.

Hausman,A.,2000,”A Multi-Method Investigation of Consumer Motivations in Impulse Buying Behavior”,Journal of Consumer Marketing, Vol.17 No.15,pp. 403-419.

Hirschman, E. C., & Holbrook, M. B. (1982). The experiential aspects of consumption: consumer fantasies, feelings, and fun. Journal of Consumer Research, 9(2), 132-140.

Kaiser, S.B., 1997. The Social Psychology of Clothing (2nd Ed.). Fairchild Publications, New York, NY.

Lau, G. T. and Lee, S. H. 1999.”Consumers Trust in a Brand and the link to Brand Loyalty,”Journal of Market Focused Management, 4:341-370.

Malhotra, N. K (2007). Marketing research (5thed.). Upper Saddle River, N.J.: Pearson Prentice Hall.

Muzinich, N., Pecotich, A., & Putrevu, S. (2003). A model of the antecedents and consequents of female fashion innovativeness. Journal of retailing and consumer services, 10(5), 297-310.

Pham, M.T. (1998) “Representativeness, Relevance, and the Use of Feelings in Decision Making,” Journal of Consumer Research 25 (September): 144-159.

Sherry,J.1990,”A Sociocultural Analysis of A Midwestern American FleaMarket”,Journal of Consumer Research,Vol.17 No. 1,pp.13-30.

Strahilevitz, M. (1999) “The Effects of Product Type and Donation Magnitude on Willingness to Pay More for a Charity-Linked Brand,” Journal of Consumer Psychology, 8 (Issue 3), 215- 241.

Umar, Husein. (2000). Riset Pemasaran dan Perilaku konsumen. Jilid Kedua. PT. Gramedia Pustaka Utama bekerjasama dengan Jakarta Business Center (JBRC)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.