Pengaruh Satisfaction dan Trust Terhadap Minat Pembelian di Starbucks The Square Surabaya

Jennifer Adji(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pesatnya pertumbuhan coffee shop di Indonesia menyebabkan tiap coffee shop harus memiliki strategi yang tepat agar dapat bertahan dalam industri. Starbucks merupakan gerai kopi modern yang berasal dari Amerika Serikat yang sekarang telah menyebar ke banyak negara di dunia. Sebagai salah satu gerai kopi modern, Starbucks harus meningkatkan dan menjaga kepuasan dan kepercayaan pelanggannya agar dapat bertahan dan bersaing dalam industri

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh dari Kepuasan (satisfaction) dan Kepercayaan (Trust)   terhadap minat pembelian konsumen di Starbucks The Square Surabaya. Penelitian ini dilaksanakan dengan menyebarkan kuesioner kepada 200 responden  yaitu konsumen Starbucks The Square yang pernah berbelanja atau mengunjungi Starbucks Petra Square. Alat analisa yang digunakan untuk mengukur pengaruh Kepuasan (satisfaction) dan Kepercayaan (Trust) terhadap minat pembelian konsumen adalah Structural Equation Model  (SEM)

Hasil dari penelitian ini menunjukkan Kepuasan (satisfaction) dan Kepercayaan (Trust)  berpengaruh signifikan terhadap Minat Pembelian Konsumen  di Starbucks The Square Surabaya.

Keywords


Satisfaction, Trust dan minat pembelian

Full Text:

PDF

References


Ajzen, I. dan Fishbein. M., 2001, Understanding Attitudes and Predicting Social Behavior, Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall,.

Ajzen, I., & Fishbein, M. (2005). The influence of attitudes on behavior.

Alma,Buchari. 1992. ManajemenPemasaran dan Pemasaran Jasa: Jilid 4. Bandung : Alfabeta

Anderson, James C. dan Narus, James A 1990, A Model of Distributor Firm and Manufacturer Firm Working Partnerships, Journal of Marketing, Vol. 54, Januari: 42-58

Anoraga, P., 2000, Manajemen Bisnis , Jakarta: PT. Rineka Cipta

Assael, H, 1998, Consumer Behavior and Marketing Action, 5th edition, Cincinatti,OH: South Western College Publishing.

Bachmann dan Zaheer, 2006, The Handbook of Trust Research, Jakarta

Boyd, Walker dan Larreche. 2000. Manajemen Pemasaran : Suatu Pendekatan. Strategis dengan Orientasi Global, Edisi Kedua.

Darsono, I.I. (2008). Hubungan perceived service quality dan loyalitas: Peran trust dan satisfaction sebagai mediator. The 2nd National Confrence UKWMS. Surabaya.

Dharmmesta, Basu Swastha, 1993, Loyalitas Pelanggan. Sebuah Kajian Konseptual Sebagai Panduan bagi Peneliti, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, Vol 14/3: 73-88

Doney, P. M.,&Cannon, J. P. (2003). An examination of the nature of trust in buyer–seller relationships. Journal of Marketing, 61(2), 35–51.

Dutka, Alan, (1994). AMA Hand Book for Customer Satisfaction, NTC Bussiness Book, Lincolnwood, Illinois.

Evans, K.R., dan Cowles, D., 1990, Relationship Quality in Service Selling: An interpersonal Influence Perspective, Journal of Marketing, Vol 54, July: 68-81.

Fandy Tjiptono, 2004, Pemasaran Jasa, Bayu Media Malang.

]Ferdinand A, (2002). Structural Equation Modelling Dalam Peneltian Manajemen. Edisi 2, Seri Pustaka Kunci 03

Ferdinand, 2006. Pengembangan Minat Beli Merek Ekstensi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Hansemark, Ove C dan Marie Albinsson. 2004, Customer Satisfaction and Retention : the experience of individual employees, Managing Service Quality Journal

Jones, T.O. and W.E. Sasser, Jr. 1995. Why Satisfied Customer Defect, Harvard Business Review, Nopember-December.

J. Supranto. 2003.Metode Penelitian Hukum dan Statistik, Jakarta: Rineka Cipta.

Kotler, Philip, 1997. Manajemen Pemasaran. Jakarta, Prenhallindo

Kotler. P., dan Armstrong, G., 2001, Prinsip-prinsip Pemasaran, alih bahasa: Damos Sihombing, Jilid 2, Edisi kedelapan, Jakarta: Penerbit Erlangga

Kotler P., Armstrong, G., 2003,Dasar-dasar Pemasaran , Jilid 1, Edisi Kesembilan, Penerbit PT. Indeks Gramedia, Jakarta

Kotler, P & Amstrong G. 2007. Manajemen Pemasaran Edisi 12: Jilid 2. Indeks, Jakarta

Kotler, P.,1997, Manajemen Pemasaran. Edisi Terjemahan. Penerbit PT. Prenhallindo, Jakarta.

Kotler, P., 1999, Manajemen Pemasaran di Indonesia, Analisis , Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian, Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, P., 2005, Manajemen Pemasaran, Edisi Kesebelas, Jilid 2, Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia

Lau, G. T. dan Lee, S. H., 1999, Consumers’ trust in a brand and the link to brand loyalty, Journal of Market Focused Management, Vol 4: 341-370

Lupioyadi, R. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa : Teori dan Praktek (Service Marketing Management: Theory and Practice), Salemba empat , Jakarta

Lovelock, Christopher H. dan Wright, Lauren K., 2002, Principles of Service Marketing and Management, Prentice Hall Inc., Upper Saddle River, New Jersey.

Malhotra, N. (2004). Riset penelitian: Pendekatan terapan. (Ed.4). Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Malhotra, Naresh K., 2005, Riset Pemasaran Pendekatan Terapan, Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Ma’ruf, Hendri. (2006). Pemasaran Ritel. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Maxwell. (2012) The Impact of Brands on Consumer Purchase Intentions. Asian Journal of Business Management

Mayer, R.C., Davis, J.H., dan Schoorman, F. D., 1995, An Integratif Model of Organizational Trust, Academy of Management Review, Vol 30, no 3: 709-734.

McKnight et al., 2002. The Impact of Initial Consumer Trust on Intention to Transact with a Website: A Trusting Building Model. Jurnal sistem strategi informasi 11

Morgan, R.M., dan Hunt, S.D., 1994, The Commitment-Trust Theory of Relationship Marketing, Journal of Marketing, Vol. 58, July: 20-38

Morling, Miriam S dan Strannegard, L., 2004, Silence of the Brands, European Journal of Marketing, Vol. 38, No. 1 / 2: 224-238.

Mowen, John C., and Minor, M. (2002). Perilaku konsumen. Trans.( Lina Salim). Jakarta: Erlangga.

Plank, E.R., Reid, D.A dan Pullins, E.B., 1999, Perceived Trust in Business-to-Business Sales: A New Measure, Journal of Personal Selling & Sales Management, Volume XIX, Number 3, Summer: 61-71.

Rangkuti. (2006). Measuring Customer Satisfaction,(Teknik Mengukur dan Strategy Meningkatkan Kepuasan Pelanggan), serta Analisis PLN JP,Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rusdin. 2007. Teori, Masalah, dan Kebijakan dalam Praktik. Bandung: Alfabeta.

Schiffman dan Kanuk., 2000, Consumer Behavior, 10th Edition, NJ: Prentice Hall.

Stanton, William J. (1995). Fundamentals of marketing, fourteenth edition, Mc. Graw Hill, Kogakusha, Ltd., Tokyo.

Sugiyono. 2002. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Penerbit. Alfabeta. Bandung

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.

Yunus, 2006, Membangun Kepercayaan, 12, 10, 2010, http://www.gsn-soeki.com/wouw


Refbacks

  • There are currently no refbacks.