Analisis Pengaruh Retail Mix Terhadap Repeat Purchase Konsumen Bakerzin Tunjungan Plaza Surabaya

Lisa Sulindra(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pertumbuhan industri makanan dan minuman yang bergitu pesat menyebabkan persaingan dalam bisnis restoran dan cafe menjadi semakin ketat. Bakerzin yang merupakan salah satu restoran dan cafe yang berada di Tunjungan Plaza Surabaya, juga dituntut untuk mencari solusi agar dapat memenangkan pasar. Salah satu cara yaitu dengan penerapan elemen retail mix yaitu customer service, store design and display, communication mix, location, merchandise assortment, dan  pricing dengan baik, sehingga dapat menimbulkan pembelian ulang konsumen.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh retail mix terhadap repeat purchase konsumen Bakerzin Tunjungan Plaza dan elemen-elemen retail mix manakah yang paling berpengaruh terhadap repeat purchase konsumen Bakerzin Tunjungan Plaza Surabaya. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuisioner kepada 100 orang responden dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel retail mix berpengaruh signifikan terhadap repeat purchase konsumen Bakerzin Tunjungan Plaza Surabaya. Dimana variabel yang paling berpengaruh yaitu merchandise assortment.


Keywords


Bauran eceran; layanan konsumen; desain dan tampilan toko; bauran komunikasi; lokasi; macam barang; harga; pembelian ulang.

Full Text:

PDF

References


Adiwijaya, M. (2010). 8 Jurus Jitu Mengelola Bisnis Ritel ala Indonesia. Jakarta: Penerbit Elex Media Komputindo.

Ghozali, I. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Edisi Kedua. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kinnear, Thomas C. and James R. Taylor. (1995). Marketing Research: An Applied Approach. McGraw Hill .

Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Prenhallindo.

Levy, M., & Weitz, B. A. (2009). Retailing Management (7th Ed.). New York: McGraw-Hill.

Malhotra N.K. (2004). Marketing Research- An Applied Orientation. New Jersey: Pearson Education.Inc.

Malhotra N.K. (2005). Riset Pemasaran : Pendekatan Terapan Jilid 1. Jakarta : PT. Indeks.

Malhotra, N.K. (2012). Basic Marketing Research (4th Ed.). New Jersey: Pearson Education.Inc.

Salim, W. (2013). Analisa Pengaruh Retail Mix terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Kampoeng Roti Nginden Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra .

Sugiyono. (2004). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta

Umar, H. (2002). Metode riset komunikasi organisasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.