Pengaruh Retail Mix Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening Di Giordano Ciputra World Surabaya

Ciendra Irawati(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pertumbuhan usaha yang bergerak di bidang retail, terutama retail fashion sangat berkembang pesat. Sebagai salah satu usaha retail fashion, Giordano harus memiliki keunggulan bersaing agar dapat menang dalam persaingan. Salah satu cara untuk menciptakan keunggulan bersaing adalah dengan menerapkan strategi bauran pemasaran eceran (retail mix) yang tepat sehingga dapat memuaskan pelanggan dan berdampak pada loyalitas pelanggan.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh dari Retail Mix (customer service, store design & display, communication mix, location, merchandise assortment, dan pricing) terhadap loyalitas konsumen Giordano Ciputra World Surabaya dengan mempertimbangkan faktor customer satisfaction. Penelitian ini akan dilaksanakan dengan menyebarkan kuesioner kepada 200 responden konsumen Giordano. Teknik analisa yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif dengan metode structural equation model (SEM).

Hasil penelitian membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari retail mix terhadap customer satisfaction pada Giordano, ada pengaruh yang signifikan dari customer satisfaction terhadap loyalitas konsumen (customer loyalty), dan juga ada pengaruh yang signifikan dari retail mix terhadap loyalitas konsumen (customer loyalty) di Giordano.


Keywords


Bauran pemasaran eceran, layanan pelanggan, desain dan display toko, bauran komunikasi, lokasi, merchandise assortment, harga, kepuasan pelanggan, loyalitas konsumen.

Full Text:

PDF

References


Berman, Barry & Evans, Joel R. (2010). Retail Management: A Strategic Approach (11th Ed.). New Jersey: Prentice Hall.

Dutka, A. (2003). AMA handbook for customer satisfaction: a complete guidance to research planning and implementation NTC business book. Lincold Wood. USA: Illinors.

Ferdinand, A. (2005). Structural equation modeling dalam penelitian manajemen: Aplikasi model-model rumit dalam penelitian untuk Tesis Magister. Semarang : UNDIP.

Grewal, Dhruv & Levy, Michael. (2010). Marketing (2nd ed.). New York: McGraw Hill.

Huriyati, R. (2005). Bauran pemasaran dan loyalitas konsumen. Bandung: ALFABETA.

Japarianto, Laksmono, & Khomariyah. (2007, Maret). Analisa Kualitas Layana Sebagai Pengukur Loyalitas Pelanggan Hotel Majapahit Surabaya Dengan Pemasaran Relasional Sebagai Variabel Intervening. Dimensi Manajemen Perhotelan, 3 (1), 34-42. Retrieved April, 1, 2010, Kotler, P. (2005). Manajemen pemasaran. Buku 1. Edisi Milenium. (Benjamin Molan, Trans). Jakarta : PT. Prenhallindo.

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. (2009). Marketing Management (13th Ed.). New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Levy, Michael & Weitz, Barton A. (2009). Retailing Management (7th Ed.). New York: McGraw-Hill Irwin.

Mowen, J.C., & Minor, M. (2005). Consumer behavior. Boston: Irwin.

Zeithaml, Valarie A., Mary Jo Bitner & Dwayne D. Gremler. (2009). Services Marketing – Integrating Customer Focus Across The Firm 5th Edition. New York: McGraw Hill.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.