PENGARUH BRAND IDENTITY TERHADAP TIMBULNYA BRAND PREFERENCE DAN REPURCHASE INTENTION PADA MEREK TOYOTA

Beatrice Clementia Halim(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh identitas merk Toyota terhadap timbulnya preferensi merek dan niat pembelian kembali konsumen terhadap merek Toyota. Toyota sebagai penguasa pasar mobil di Indonesia, memiliki keunggulan kompetitif tersendiri dibandingkan dengan pesaingnya. Kepercayaan terhadap merek Toyota juga menimbulkan adanya niat pembelian kembali konsumen terhadap merek tersebut.

Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah kausal asosiatif dengan metode penelitian Structural Equation Model (SEM) untuk meneliti hubungan antara variabel identitas merek dengan preferensi merek dan niat pembelian kembali pada merek Toyota.

Hasil penelitian membuktikan bahwa identitas merek berpengaruh secara positif terhadap timbulnya preferensi merek dan niat pembelian kembali pada merek Toyota. Demikian pula preferensi merek berpengaruh positif terhadap niat pembelian kembali pada merek Toyota.


Keywords


Identitas Merek; Preferensi Mere; Kepercayaan; Niat Pembelian Kembali

Full Text:

PDF

References


Aaker, D. A. (1996). Managing brand equity: Capitalizing on the value of a brand name. New York: The Free Press.

Anoraga, P. (2000). Manajemen Bisnis. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ardhanari, M. (2008). Customer Satisfaction Pengaruhnya Terhadap Brand Preference dan Repurchase Intention Private Brand. In Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis (pp. 58-68).

Chaudhuri, A., & Holbrook, M. B. (2001). The chain of effects from brand trust and brand affect to brand performance: The role of brand loyalty. In Journal of Marketing.

Delgado-Ballester, E., & Munuera-Alemán, J. L. (2001). Brand trust in the context of consumer loyalty. In European Journal of Marketing.

Ferdinand, A. (2002). In Structural equation modeling dalam penelitian manajemen (Edisi Kedua). Semarang : BP Undip.

Kaveh, M. (2011). Role of trust in explaining repurchase intention. African Journal of Business Management.

Keller, K. (2004). In Strategic Brand Management. New Jersey: Prentice-Hall.

Keller, K. L. (1993). Conceptualizing, Measuring, and Managing Customer-Based Brand Equity. In Journal of Marketing (pp. 1-22).

Kotler, P. (2005). In M. Pemasaram. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Pfoertsch, W. (2008). In B2B brand management. Jakarta: PT. Bhuana Ilmu Populer.

Malhotra, N. K. (2004). Marketing Research, 4th edition. New Jersey: Prentice Hall.

Martínez, E., & Chernatony, L. d. (2004). The Effect of Brand Extension. In Journal of Consumer Marketing (pp. 39-50).

O'Shaughnessy, J. (1987). Why people buy? NY: Oxford University Press.

Reid, D. L. (2006, February 28). TEN STEPS TO DEVELOP YOUR BRAND IDENTITY. Retrieved January 5, 2014, from Skoll World Forum: http://skollworldforum.org/2006/02/28/ten-steps-to-develop-your-brand-identity/

Sääksjärvi, M., & Samiee, S. (2011). Relationship among Brand Identity and Brand Preference: Differences between Cyber and Extension Retail Brands over Time. Elsevier.

Simamora, B. (2002). Panduan riset perilaku konsumen. Surabaya: Pustaka Utama.

Sugiyono. (2011). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sutisna. (2001). Perilaku konsumen dan komunikasi pemasaran. Yogyakarta: Liberty.

Tjiptono, F. (2005). Brand Management and Strategy. Yogyakarta: Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.