Pengaruh Marketing Mix, Psychological Factors, Social Factors dan Situational Factors terhadap Cara Pandang dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Rotiboy di Tunjungan Plaza dan City of Tomorrow Surabaya

Cecilia Sabatini(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini membahas mengenai pengaruh marketing mix, psychological factors, social factors dan situational factors terhadap cara pandang dalam pengambilan keputusan pembelian Rotiboy di Tunjungan Plaza dan City of Tomorrow Surabaya. Masing-masing dimensi ini akan diuji bagaimana pengaruhnya baik secara simultan maupun secara parsial dan dimensi mana yang paling berpengaruh terhadap cara pandang pengambilan keputusan. Sampel penelitian ini berjumlah 100 orang konsumen yang berpotensi untuk membeli produk dari Rotiboy selama 1 bulan terakhir di Tunjungan Plaza dan City of Tommorow Surabaya. Data penelitian ini diolah dengan menggunakan analisa regresi linier berganda, uji F dan uji t. Hasil nilai uji t signifikansi 0,032 dari bauran pemasaran, faktor sosial, dan faktor situasional dari 0,040 di 0,022 berpengaruh signifikan, sedangkan faktor variabel psikologis 0,082 tidak berpengaruh signifikan.

Keywords


Marketing Mix , Psychological Factors , Social Factors and Situational Factors, Perspective in Purchasing Decision.

Full Text:

PDF

References


Grewal & Levy. (2008). Marketing. New York : Pearson Prentice Hall.

Gudono. (2011). Analisis Data Multivariat. Yogyakarta : BPFE Yogyakarta.

Irawan, Prasetya. (2007). Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta : DIA FISIP UI.

Kotler, P. & Keller, K. (2007). Manajemen pemasaran (12th ed). Jakarta : PT. Indeks.

Malhotra, N.K. (2004). Marketing research.

Upper Saddle River: Pearson Prentice Hall.

Malhotra, N.K. (2012). Basic Marketing Research : Integration of Social Media. Jakarta : PT Index Kelompok Gramedia.

Schiffman, L.G. & Kanuk, L.L. (2008). Perilaku Konsumen (7th ed). Jakarta : PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (cet. Ke-12). Bandung : Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.