Pengaruh brand community terhadap customer loyalty dengan customer value dan customer engagement sebagai variabel intervening pada Vivo Club Indonesia

feldo ghonata

Abstract


Perkembangan teknologi di era globalisasi seperti sekarang ini membuat internet menjadi kebutuhan untuk semua masyarakat, terlebih untuk kalangan milenial dan generasi-Z. Di era sekarang ini semua sudah menjadi mudah, terlebih dalam hal berkomunikasi. Dimana dahulu smartphone hanya bertujuan untuk menjawab kebutuhan masyarakat yaitu dengan mengirim pesan singkat/SMS dan Telpon, akan tetapi sekarang ini smartphone sudah mampu memuaskan keinginan masyarakat, yaitu dengan aplikasi-aplikasi yang ditawarkan didalamnya seperti : sosial media, games, music, dll. Agar perusahaan smartphone dapat bertahan, tentu mereka perlu memiliki konsumen tetap (customer loyalty) sehingga dengan itu mereka mampu meningkatkan penjualan dari perusahaan, hal inilah yang perlu dilakukan oleh perusahaan Vivo. Penelitian ini bertujuan untuk mengamati pengaruh Brand Community dari perusahaan smartphone Vivo, Vivo Club Indonesia terhadap Customer Loyalty dengan Customer Value dan Customer Engagement Sebagai Variabel Intervening. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Brand Community memiliki pengaruh positif terhadap Customer Value dan Customer Engagement. Demikian halnya dengan Customer Value dan Customer Engagement berpengaruh positif terhadap Customer Loyalty.

Keywords


brand community, customer value, customer engagement, customer loyalty

References


Algesheimer, R., Dholakia, U.M. and Herrmann, A. (2005), “The

social influence of brand community: evidence from European car clubs”, Journal of Marketing, Vol. 69, July, pp. 19-34

Bashir, M. A., Ayub, N., & Jalees, T. (2017). The impact of the firm generated contents and the user generated contents through social media on brand equity element

Brody, Robert P., & Cunningham, Scott M. (1968). Personality variables and the consumer decision process. Journal of Marketing Research.

J.C. Sweeney, G.N. Soutar, Consumer perceived value: the development of a multiple item scale, Journal of Retailing 77 (2), 2001, pp. 203–220.

Jang, H., Olfman, L., Ko, I., Koh, J., & Kim, K. (2008). The influence of on-line brand community characteristics on community commitment and brand loyalty. International Journal of Electronic Commerce, 12(3), 57–80.

Kaplan, A.M. and Haenlein, M. (2010), “Users of the world, unite! The challenges and opportunities of social media”, Business Horizons, Vol. 53, pp. 59-68.

Kotler & Keller (2012:241). Brand Definition. The American Marketing Association.

Lee, J., Lee, J., & Feick, L. (2001). The impact of switching costs on the customer satisfaction–loyalty link: Mobile phone service in France. Journal of Services Marketing, 15, 35–48.

Muniz, A.M. and O’guinn, T.C. (2001), “Brand community”, Journal of Consumer Research, Vol. 27, pp. 412-32.

McAlexander, J. H., Schouten, J. W., & Koening, H. F. (2002). Building brand community. Journal of Marketing, 66(1), 38–55.

Peng, X., & Shin, K. (2016). Research on the effect of sense of virtual community on customer participation in value co-creation: An empirical study in a virtual brand community [In Chinese]. Management Review, 28, 106–115. https://doi.org/csrg

Prahalad, C.K., Ramaswamy, V., 2004. Co-creation experiences: The next practice in value creation. Journal of Interactive Marketing 18 (3), 5–14

Reichheld, F. F., & Schefter, P. (2000). E- loyalty:Your secret weapon on the Web. Harvard Business Review, 78, 105–113.

Schau, H. J., Muñiz, A. M., & Arnould, E. J. (2009). How brand community practices create value. Journal of Marketing, 73, 30–51. https://doi.org/dmvg66

Srivastava, Rajendra K., Sherwani, Tassaduq A., & Fahey, Liam. (2000). Market-based assets and shareholder value: A framework for analysis. Journal of Marketing, 62(January), 2–18.

Woodruff, Robert (1997), “Customer Value: The Next Source for Competitive Advantage,” Journal of

the Academy of Marketing Science, 25 (2), 139–


Refbacks

  • There are currently no refbacks.