Pengaruh social media dan online promotion terhadap purchase intention Shopee di kota Solo

Angel Virginia(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari Social Media dan Online Promotion terhadap Purchase Intention aplikasi e-commerce Shopee di kota Solo. Penelitian ini bersifat konklusif dan diklasifikasikan dalam jenis riset kausal dengan menggunakan survei online menggunakan instrumen kuesioner dengan total 100 responden. Responden adalah masyarakat yang berusia diatas 15 tahun, baik laki-laki dan perempuan, dan pernah melihat online promotion Shopee di media sosial setidaknya sekali. Data diolah menggunakan pendekatan persamaan model struktural dengan teknik Partial Least Square untuk analisa deskriptif parsial. Analisis data menunjukkan bukti kuat untuk mendukung keseluruhan hipotesa penelitian terhadap fenomena Purchase Intention Shopee.

 


Keywords


Social media; Online promotion; Purchase intention; Marketing mix

References


(2021, March 5). Pengertian Promosi, Tujuan, Jenis, dan Contohnya dengan Jelas. Cashbac.com. https://cashbac.com/blog/pengertian-promosi-tujuan-jenis-contoh/.

(n.d.). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Handphone XiaoMi.

Pengertian Iklan Menurut Para Ahli. Seputar Pengetahuan. (n.d.). https://www.seputarpengetahuan.co.id/2015/12/12-pengertian-iklan-menurut-para-ahli-terlengkap.html.

Adani, M. R. (2020, November 30). Internet Marketing: Pengertian, Jenis, Contoh dan Strategi. Sekawan Media | Software House & System Integrator Indonesia. https://www.sekawanmedia.co.id/internet-marketing/.

Direct Marketing Adalah: Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya. Accurate Online. (2020, October 22). https://accurate.id/marketing-manajemen/direct-marketing-adalah/#:~:text=Menurut%20Kotler%2DGary%20Armstrong%20.

Gunawan, D. (2020). Pengaruh Social Media Campaign Dan Online Promotion Terhadap Purchase Intention Pada Gojek Indonesia Di Surabaya (thesis). Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Nimda, Author: nimda, & Author: (2012, February 29). Apa itu Sosial Media. Universitas Pasundan Bandung. http://www.unpas.ac.id/apa-itu-sosial-media/.

Pengertian dan Perbedaan KEBUTUHAN dan KEINGINAN Serta Contoh Konkritnya. Kudupinter. (n.d.). https://www.kudupinter.com/2020/01/kebutuhan-dan-keinginan.html.

Sales Promotion: Definisi, Tujuan, dan Contohnya. Glints Blog. (2021, February 4). https://glints.com/id/lowongan/sales-promotion-definisi-tujuan-dan-contohnya/#.YFssD0gza34.

Setiawan, P. (2021, April 29). Home. GuruPendidikan.Com. https://www.gurupendidikan.co.id/public-relation/#:~:text=Frank%20Jefkins%20(1995%20%3A%209)%3A,yang%20berlandaskan%20pada%20saling%20pengertian%E2%80%9D.

Setiawan, S. (n.d.). Home. GuruPendidikan.Com. https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-promosi/#:~:text=pertukaran%20dalam%20pemasaran.-,Menurut%20Zimmerer%20(2002),publisitas%2C%20penjualan%20perorangan%20dan%20periklanan.

Wijaya, R. A. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi Di Kafe One Eighteenth, Siwalankerto - Surabaya (thesis). Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Winarjo, H., & Japarianto, E. (n.d.). Pengaruh Food Quality Dan Atmosphere Terhadap Customer Loyalty Dengan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening Pada Café Intro Di Surabaya.Jurnal Manajemen Pemasaran

file:///D:/Download/Documents/140923-ID-pengaruh-food-quality-dan-atmosphere-ter.pdf.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.