ANALISIS PENGARUH BRAND COMMUNITY TERHADAP CUSTOMER LOYALTY DENGAN CUSTOMER ENGAGEMENT DAN CUSTOMER VALUE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA KOMUNITAS FUJIFILM INDONESIA

Rai Angga Putra

Abstract


Berkembangnya industri fotografi dan teknologi internet di Indonesia. Sebagai makhluk sosial, orang-orang dengan berbagai macam karakteristik dapat lebih mudah untuk berinteraksi satu sama lain, serta pelanggan secara langsung ingin lebih terlibat dan memberikan nilai bagi perusahaan. Hal ini membuat banyak industri perusahaan khususnya bidang fotografi semakin bersaing ketat untuk memperoleh pelanggan. Fenomena yang terus berkembang ini, membuat perusahaan dalam melakukan pendekatan kepada pelanggannya yaitu, dengan menggunakan brand community sehingga dapat timbul customer loyalty. Hal ini dibutuhkan oleh Fujifilm, sehingga terbentuk komunitaskomunitas Fujifilm yang ada di Indonesia. Supaya dapat timbul customer loyalty, maka brand community harus dapat meningkatkan customer engagement dan customer value. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari brand community terhadap customer loyalty dengan customer engagement dan customer value sebagai variabel intervening pada Komunitas Fujifilm Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan dengan membagikan kuesioner kepada 100 responden. Adapun ketentuan kriteria responden adalah pengguna kamera Fujifilm, anggota aktif Komunitas Fujifilm Indonesia, dan berdomisili Surabaya. Teknik analisa dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis kuantitatif dengan metode path analysis melalui aplikasi smartPLS.

Keywords


brand community; customer engagement; customer value; customer loyalty

Full Text:

PDF

References


Abdillah, W., & Hartono, J. (2015). Partial least square (PLS) alternatif structural equation modeling (SEM) dalam penelitian bisnis. Yogyakarta: Andi Offset

Anderson, R. E., & Srinivasan, S. S. (2003). E-satisfaction and e-loyalty: A contingency framework. Psychology and Marketing, 20(2), 123–138. https://doi.org/10.1002/mar.10063

Brodie, R. J., Ilic, A., Juric, B., & Hollebeek, L. (2011b). Consumer engagement in a virtual brand community: An exploratory analysis. Journal of Business Research, 66(1), 105–114. doi:10.1016/j.jbusres.2011.07.029

Chen, Z., & Dubinsky, A. J. (2003). A conceptual model of perceived customer value in e-commerce: A preliminary investigation. Psychology and Marketing, 20(4), 323–347. https://doi.org/10.1002/mar.10076

Corporate Slogan. Fujifilm value from innovation. (2014, January 24). https://www.fujifilm.com/about/profile/slogan/.

Griffin, J. 2005. Customer loyalty, menumbuhkan dan mempertahankan kesetiaan pelanggan. Jakarta : Erlangga.

Islam, J. U., & Rahman, Z. (2016). The transpiring journey of customer engagement research in marketing: A systematic review of the past decade. 2008–2034. https://doi.org/10.1108/MD-01-2016-0028

Kemp, S. (2021). Digital 2021. We Are Social. https://wearesocial.com/digital-2021.

Kumar, V., Aksoy, L., Donkers, B., Venkatesan, R., Wiesel, T., & Tillmanns, S. (2010). Undervalued or overvalued customers: Capturing total customer engagement value. Journal of Service Research, 13(3), 297–310. https://doi.org/10.1177/1094670510375602

Muniz, A. M., & O’Guinn, T. C. (2001). Brand community. Journal of Consumer Research, 27(4), 412–432. https://doi.org/10.1086/319618

Percy, W. S., Visvanathan, N., & Watson, C. (2010). Relationship marketing : Strategic and tactical challenges for SMEs. African Journal of Business Management, 4(13), 2596–2603.

Puspitasari, I. (2018). Fujifilm learning center hadir untuk mewadahi komunitas pencinta produk Fujifilm. Kontan. https://lifestyle.kontan.co.id/news/fujifilm-learning-center-hadir-untuk-mewadahi-komunitas-pencinta-produk-fujifilm

Rabbanne, F. K., Burford, O., & Ramaseshan, B. (2015). Does employee performance affect customer loyalty in pharmacy services? Journal of Service Theory and Practice, 25(6), 725–743. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1108/JSTP-06-2014-0126

Santoso, W. B., & Ghazali, A. (2015). Ekonomi kreatif: Rencana pengembangan fotografi nasional 2015-2019 (pp. 1–164). PT. Republik Solusi. https://www.researchgate.net/publication/318885571_Ekonomi_Kreatif_Rencana_Pengembangan_Fotografi_Nasional_2015-2019

So, K. K. F., King, C., & Sparks, B. (2014). Customer engagement with tourism brands: Scale development and validation. Journal of Hospitality and Tourism Research, 38(3), 304–329. https://doi.org/10.1177/1096348012451456

Sugiyono. (2009). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sweeney, J. C., & Soutar, G. N. (2001). Consumer perceived value: The development of a multiple item scale. Journal of Retailing, 77(2), 203–220. https://doi.org/10.1016/S0022-4359(01)00041-0

Van Doorn, J., Lemon, K. N., Mittal, V., Nass, S., Pick, D., Pirner, P., & Verhoef, P. C. (2010). Customer engagement behavior: Theoretical foundations and research directions. Journal of Service Research, 13(3), 253–266. https://doi.org/10.1177/1094670510375599

Vinzi, V. E., Chin, W. W., Henseler, J., & Wang, H. (2010). Handbook of partial least squares. Handbook of Partial Least Squares (1st ed.). Springer, Berlin, Heidelberg. https://doi.org/10.1007/978-3-540-32827-8

Wang, Y., Lo, H.-P., & Yang, Y. (2004). An integrated framework for service quality, customer value, satisfaction : Evidence from China’s telecommunication industry. Information Systems Frontiers, June 2014. https://doi.org/10.1023/B:ISFI.0000046375.72726.67

Wiegandt, P. (2009). Value creation of firm-established brand communities. Value Creation of Firm-Established Brand Communities (pp. 1–211). Springer Gabler. https://doi.org/10.1007/978-3-8349-8460-9

Wirtz, J. (2017). Managing customer relationships and building loyalty. Managing Customer Relationships and Building Loyalty. World Scientific (US). https://doi.org/10.1142/y0012


Refbacks

  • There are currently no refbacks.