Analisis Customer Knowledge Terhadap Attitude Toward Object dengan Customer Characteristics Sebagai Variabel Moderating Pada Perusahaan Shopee Indonesia

Evelyn Christiana

Abstract


Penelitian ini akan membahas tentang Analisis Customer Knowledge terhadap Attitude Toward Object dengan Customer Characteristics Sebagai Variabel Moderating Pada Perusahaan Shopee Indonesia. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 172 orang responden yang menggunakan aplikasi Shopee secara aktif minimal selama enam bulan (September 2020 s/d Maret 2021) dan mengakses aplikasi Shopee minimal 3 kali dalam seminggu. Pengukuran dilakukan menggunakan variabel customer knowledge (X1) sebagai variabel independen, Variabel attitude toward object (Y1) sebagai variabel dependen, dan variabel customer characteristics (Z1) sebagai variabel moderating. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) customer knowledge berpengaruh terhadap attitude toward object untuk Perusahaan Shopee Indonesia, (2) customer characteristics tidak berpengaruh terhadap attitude toward object untuk Perusahaan Shopee Indonesia, dan (3) customer characteristics tidak memoderating hubungan antara variabel customer knowledge dengan variabel attitude toward object untuk Perusahaan Shopee Indonesia.

Keywords


Customer Knowledge, Customer Characteristics, dan Attitude Toward Object

Full Text:

PDF

References


Ahn, J. J., & Shin, H. I. (2008). Bone tissue formation in extraction sockets from sites with advanced periodontal disease: a histomorphometric study in humans. International Journal of Oral & Maxillofacial Implants, 23(6).

Annabi, M. G.-M. and H. (2002). Customer Knowledge Management Society Linked references are available on JSTOR for this article : 53(8), 875–884.

Armstrong, G., & Kotler, P. (2000). Marketing (5th ed.). Prentice Hall.

Baenanda, L. (2019). Populasi Dunia Terbagi Dalam Berbagai Generasi, Apa Saja? Binus University. https://binus.ac.id/knowledge/2019/12/populasi-dunia-terbagi-dalam-berbagai-generasi-apa-saja/

Bebko, C. (2000). Service intangibility and its impact on consumer expectations of service quality. Journal of Services Marketing, 14(1), 9–26. http://www.emeraldinsight.com/journals.htm?articleid=855862&show=abstract

Ghozali, I. (2006). SEM Metode Alternatif dengan menggunakan Partial Least Squares (PLS). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Iprice.co.id. (2021). Top 50 E-Commerce Sites and Apps in Indonesia 2019. https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/en/

Mubarok, I. (2019). Apa itu Marketplace? Pengertian, Jenis, dan Contohnya. Niagahoster. https://www.niagahoster.co.id/blog/marketplace-adalah/

Nora, L. (2019b). Trust, commitment, and customer knowledge: Clarifying relational commitments and linking them to repurchasing intentions. Management Decision, 57(11), 3134–3158. https://doi.org/10.1108/MD-10-2017-0923

Riyanto, G. P. (2021). Jumlah Pengguna Internet Indonesia 2021 Tembus 202 Juta. Kompas.Com. https://tekno.kompas.com/read/2021/02/23/16100057/jumlah-pengguna-internet-indonesia-2021-tembus-202-juta#:~:text=KOMPAS.com - Pengguna internet di,dibandingkan pada Januari 2020 lalu.&text=Ini artinya%2C penetrasi internet di,2021 mencapai 73%2C7 persen.

Rowley, J. E. (2002). Reflections on customer knowledge management in e-business. Qualitative Market Research: An International Journal, 5(4), 268–280. https://doi.org/10.1108/13522750210443227

Sahney, S. (2017). Module - 6 Consumer Behavior Instructional Objectives : Technology, 1–22.

Sciffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2004). Consumer Behavior. Eight Edition.

Shopee Indonesia. (2021). Shopee. https://shopee.co.id/

Simamora, B. (2002). Metode penelitian (2nd ed). PT Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2009). Metode penelitian bisnis: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D (cetakan 14). Alfabeta.

Sugiyono. (2011). Pengertian populasi dan sampel dalam penelitian. https://Sugithewae.wordpress.com/2012/11/13/pengertian-populasi-dan-sampel-dalam-penelitian/

Wells, W. D., & Prensky, D. (1996). Consumer Behavior. New York: John Willey and Sons.

Widiyanti, W. (2019). Sikap Konsumen terhadap Multiatribut Produk Domino Pizza Dengan Metode Fishbein di Depok. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 19(1), 107–112.

Wu, S. I. (2003). The relationship between consumer characteristics and attitude toward online shopping. Marketing Intelligence & Planning, 21(1), 37–44. https://doi.org/10.1108/02634500310458135


Refbacks

  • There are currently no refbacks.