ANALISIS EKUITAS MEREK PRODUK OTOMOTIF TOYOTA AVANZA DI SURABAYA

Dendra Lunggawa Wijanalto(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak— Merek adalah nama, istilah, tanda, simbol atau rancangan atau kombinasi dari hal-hal tersebut yang bertujuan untuk mengidentifikasi produk atau jasa yang dihasilkan, sehingga berbeda dari produk atau jasa yang dihasilkan oleh pesaing. Dengan ekuitas merek yang kuat, tujuan pemasar untuk selalu mengembangkan dan merebut pangsa pasar akan leih mudah dicapai. Penelitian ini dilakukan untuk  menganalisa ekuitas merek produk otomotif merek Toyota Avanza di Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Analisa deskriptif merupakan metode analisa yang digunakan dengan tujuan untuk menjelaskan, meringkaskan berbagai kondisi, berbagai situasi, atau berbagai variabel yang timbul di masyarakat yang menjadi objek penelitian tersebut berdasarkan apa yang terjadi, dan kemudian mengangkat ke permukaan karakter atau gambaran tentang kondisi, situasi, ataupun variabel tersebut.

Total mean yang diperoleh pada masing-masing unsur ekuitas merek yang terdapat pada produk otomotif Toyota Avanza adalah berkisar antara 3,0-4,2. dengan demikian interval kelas ekuitas merek produk otomotif Toyota Avanza di Surabaya menunjukkan nilai puas.


Keywords


Merek, Ekuitas Merek, pemasar, Ekuitas Merek Produk Otomotif Toyota Avanza.

References


Tjiptono, Fandy dkk. (2008). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: CV. Andi Offset.Aaker, David A. (1991). Managing Brand Equity. The Free Press. A Division of Simon & Schuster Inc. New York, N.Y.

Ambadar, Jackie dkk. (2007). Mengelola Merek. Jakarta: Yayasan Bina Karsa Mandiri.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. (2009). Manajemen Pemasaran. (13th ed., Jilid 1). Jakarta: Erlangga.

Sugiarto, dkk. (2001). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas Merek & Perilaku Merek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. Anggota IKAPI.

Susanto, AB dan Wijanarko, Himawan. (2004). Power Branding: Membangun Merek Unggul dan Organisasi Pendukungnya. Jakarta: Quantum Bisnis & Manajemen (PT. Mizan Publika).

Simamora, Bilson. (2001). Memenangkan Pasar Dengan Pemasaran Efektif & Profitabel. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. Anggota IKAPI.

Simamora, Bilson dan Lim, Johanes. (2002). Aura Merek: 7 Langkah Membangun Merek Yang Kuat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. Anggota IKAPI.

Rangkuti, Freddy. (2009). Strategi Promosi Yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Durianto, dkk. (2004). Brand Equity Ten: Strategi Memimpin Pasar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. Anggota IKAPI.

Oentoro, Deliyanti. (2012). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Laksbang Pressindo.

Alma, Buchari. (2009). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, Danang. (2012). Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Yogyakarya: Caps.

Bungin, Burhan. (2011). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik, Serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. (2th ed). Jakarta: Prenada Media Group.

www.auto2000.co.id. (2013). 3 Produk Unggulan Toyota Kembali Raih Penghargaan. Retrieved (2013, Februari, 18). From http://www.auto2000. co.id/news _ content/3_produk_unggulan_toyota_ kembali_raih_penghargaan .aspx.

Otomotif.kompas.com. (2012). Merek Dengan Penjualan Terbanyak 2012. Retrieved (2012, November 14). From http://otomotif.kompas. com/read/2012/11/14/5338/20.Merek.dengan. Penjualan.Terbanyak.2012.

Arief, Azhari. (2013). Mobil Terlaris di Januari 2013 di Indonesia. Retrieved (2013, Februari 16). From http://autos.okezone.com/read/2013/02/16/52/ 762890/10-mobil-terlaris-di-januari-2013-di-indonesia.

Anshori, Muslich dan Iswati, Sri. (2009). Buku Ajar Metodologi Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Pusat Penerbitan dan Percetakan Unair (AUP).

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Indriantoro, Nur dan Supomo, Bambang. (2011). Metodologi Penelitian Bisnis: Untuk Akuntansi & Manajemen. Yogyakarta: BPFE Anggota IKAPI.

Siregar, Syofian. (2011). Statistika Deskriptif Untuk Penelitian: Dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.