Pengaruh Harga dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Fave Hotel di Jalan Rungkut

Ester Catharina

Abstract


Industri perhotelan menjadi salah satu industri yang terus meningkat dan menjadi industri yang sangat penting bagi perekonomian daerah setempat dalam beberapa tahun terakhir. Penetapan harga itu sebenarnya cukup kompleks dan sulit. Selain pentingnya kualitas produk dan harga, kualitas layanan juga merupakan salah satu faktor penting terciptanya kepuasan konsumen. Terdapat lima dimensi layanan yang mempengaruhi kepuasan konsumen, yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan emphathy. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan pada Fave  Hotel  Surabaya. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian kausal. Populasi sampel 105 konsumen Fave Hotel Surabaya. Metode dari pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode teknik purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa Harga tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada Fave Hotel Surabaya, sedangkan Kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada Fave Hotel Surabaya.

Keywords


harga, kualitas layanan, kepuasan pelanggan

Full Text:

PDF

References


Ali, S. K., & Simdani, D. L. (2018). “Analisa pengaruh lokasi dan servicescape terhadap keputusan menginap konsumen pohon inn hotel”. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 6 (1).

Kotler, P., dan K. L. Keller. (2012). Manajemen pemasaran ed. Ketiga. Belas . Jilid 2 Terjemahan oleh BOB Sabran MM : Penerbit Erlangga.

Swastha. B. (2007). Manajemen pemasaran. Edisi Kedelapan. Cetakan Kedelapan. Jakarta: Penerbit Liberty.

Kotler P., dan Amstrong G. (2013). Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi ke-12. Penerbit Erlangga.

Utami. (2010). Manajemen ritel: Strategi dan implementasi ritel modern, Jakarta: Salemba Empat.

Tjiptono, F. (2012). Service management mewujudkan layanan prima. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Lovelock, C, dan John Wirtz, (2011). Pemasaran jasa perspektif edisi 7. Jakarta : Erlangga. Pp. 2. 75.

Widjaja. (2009). Perencanaan sebagai fungsi manajemen. Jakarta: Penerbit PT. Rineka Cipta.

Gofur, A. (2019). “Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan”. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT. 4 (1) : pp. 37 - 44.

Razak, I., Nirwanto, N., and B. Triatmanto. (2016). “The Impact of product quality and price on customer satisfaction with the mediator of customer value”. Journal of Marketing and Consumer Research. 30 : pp. 59-68.

Tjiptono, F. dan G. Chandra. (2011). Service, quality and satisfaction. (ed 3). Yogyakarta. Andi.

Foster,B. (2016). “The Effect of price and service quality on customer satisfaction in mutiara hotel bandung”. American Research Journal of Humanities and Social Sciences (ARJHSS). Pp. 1-12.

Wantara, P., dan M. Tambrin (2019). “The Effect of price and product quality towards customer satisfaction and customer loyalty on madura batik”. International Tourism and Hospitality Journal 2 (1) : pp. 1-9.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS. 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas. Diponegoro.

Kuncoro, M. (2013). Metode riset untuk bisnis dan ekonomi. Edisi 4. Jakarta: Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.