Analisa Pengaruh Rio Dewanto Dan Donita Sebagai Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Produk AXE Anarchy Dengan Daya Tarik Iklan Dan Efek Iklan Sebagai Variabel Intervening

Elizabeth Stephanie(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Celebrity endorser merupakan salah satu daya tarik iklan yang banyak digunakan oleh pemasar dalam memasarkan produknya dengan tujuan untuk menbangun minat beli konsumen akan produk tersebut. Penelitian ini bertujuan mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan maupun parsial antara celebrity endorser terhadap minat beli melalui daya tarik iklan dan efek iklan pada produk AXE Anarchy. Jumlah populasi yang digunakan adalah masyarakat Surabaya laki-laki dan perempuan yang pernah melihat iklan AXE Anarchy minimal satu kali. Variabel dalam penelitian ini adalah Celebrity Endorser (X), Daya Tarik Iklan (Y1), Efek Iklan (Y2) dan Minat Beli (Y3). Teknik pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan non probability sampling dengan mengunakan jenis convenience sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisa Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan 200 data kuisioner.

Keywords


Celebrity Endorser, Daya Tarik Iklan, Efek Iklan, Minat Beli.

Full Text:

PDF

References


Arens, W.F., Weigold, M.F., & Arens, C. (2009). Contemporary Advertising. Singapore : Mc Graw Hill.

Baheti, Jain, Jain. (2012). The Impact of Advertising Appeals on Consumer Buying Behavior. International Journal of Research in commerce & Management.

Belch, G. B. (2012). Advertising an promotion: An Integrated Marketing Communication Perspective. New York: Mc Graw Hill.

Company Update Unilever Indonesia. Retrieved October 09, 2012, http://megaonlinetrading.com/remote.asp?m=berita-pasar&id=17921

Ferdinand, A. (2005). Structural equation modeling dalampenelitianmanajemen :Aplikasi model-model rumit dalam penelitian untuk Tesis Magister. Semarang : UNDIP.

Jewler, Drewniary. (2009). Creative Strategy in advertising. USA: Thomson Wadsworth.

Kerin, Hartley, Rudelius, Theng. (2010). Marketing in Asia. Singapore : Mc Graw Hill.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2010). Principle of Marketing. New Jersey: Prentice Hall.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Kotler, P., & Keller. K.L. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 2. Jakarta : Erlangga

Lafferty, Goldsmith, dan Newell. (2002). The Dual Credibility Model: The Influence of Corporate and Endorser Credibility on Attitudes and Purchase Intention. Journal of Marketing Theory and Prastice.

Rodriguez, K. P. (2008). Apparel Brand Endorsers and Their Effects on Purchase Intentions: A study of Philippine consumers. International MBA (IMBA), National Cheng Kung University, Tainan, Taiwan.

Metha, A. (2002). Endorser Credibility Effects on Yemeni Male Consumer’s Attitudes towards Advertising, Brand Attitude and Purchase Intention: The Mediating Role of Attitude toward Brand. International Business Research.

Santoso, S. (2012).Structural equation modeling: Konsepdanaplikasidengan AMOS. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Simamora. (2004). Teknik Analisa Structural Equation Modeling. Gramedia Pustaka.

Solimun. (2002). Multivariate Analysis Structural Equation Modelling (SEM) Lisrel dan Amos. Fakultas MIPA, Universitas Brawijaya.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Walpole, A. (1995). Metode Analisa Structural Equation Modeling. PT Ghalia Indonesia.

Wang, Cheng, Chu. (2012). Effect of Celebrity Endorsements on Consumer Purchase Intentions: Advertising Effect and Advertising Appeal as Mediators. Human Factors and Ergonomics in Manfacturing & Service Industries.

Widyatama, Rendra. (2008). Pengantar periklanan. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

White, J. (2012). Evaluating responses to celebrity endorsements using projective techniques. Qualitative Market Research: An Internal Journal


Refbacks

  • There are currently no refbacks.