ANALISA PENGARUH STORE ENVIRONMENT TERHADAP REPURCHASE INTENTION DENGAN CUSTOMER EXPERIENCE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA RESTORAN GOGOGI SURABAYA

Krisbiantoro Chandra

Abstract


Pertumbuhan bisnis makanan dan minuman di Indonesia, terutama di kota-kota besar, seperti di Surabaya, menunjukkan kemajuan yang sangat pesat dengan tingkat persaingan yang semakin ketat, sehingga calon konsumen banyak diuntungkan dengan alternatif pilihan yang semakin selektif. Hal inilah yang harus diperhatikan oleh Restoran Gogogi sebagai salah satu restoran yang berada di kota Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh dari Store Environment terhadap Repurchase Intention dengan mempertimbangkan faktor Customer Experience. Penelitian ini dilaksanakan dengan menyebarkan kuisioner kepada 161 responden konsumen Restoran Gogogi Surabaya. Teknik analisa yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif dengan metode path analysis.  


Keywords


lingkungan toko, pengalaman konsumen, minat beli ulang

Full Text:

PDF

References


Ali, Hasan. (2013). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. CAPS (Center For Academic Publishing Service). Yogyakarta.

Firnanda, D. W., Silviandari, I. A., & Widyasari, S. D. (2015). Pengaruh Persepsi Konsumen Mengenai Store Environment Terhadap Intensi Pembelian Ulang Di Toko Aksesoris “X” Matos.

Hightower, R., Shariat, M. 2009. Servicescape’s Hierarchical Factor Structure Model. Global Review of Business and Economic Research, 5(2).

Jumlah Rumah Makan/Restoran di Provinsi Jawa Timur Menurut Kabupaten/Kota, 2014-2018. Diakses Pada February 26, 2020. Dari https://jatim.bps.go.id/statictable/2019/10/08/1578/jumlah-rumah-makan-restoran-di-provinsi-jawa-timur-menurut-kabupaten-kota-2014-2018.html

Lovelyn, M. (2015). "Analisa Pengaruh Customer Experience Terhadap Repurchase Intention Dengan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening Bagi Pelanggan The Grand Palace Department Store Surabaya". Skripsi. Fakultas Ekonomi. Manajemen Kepariwisataan, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Luniya, Pooja G and Verghese, Manoj.2017. Store Environment in Organised Retail Outlet:Conceptual Framework and Scale Development. NMIMS Management Review, 34(1).

Mahardhika N. (2016) Pengaruh Inovasi dan Harga Terhedap Minat Beli Ulang Merchandise (Studi Kasus Pada Fans Idol Group JKT48 Di Yogyakarta)

MARCELLINO, R. (2019). Pengaruh Dimensi Pengaruh Dimensi Store Environment Terhadap Niat Beli Ulang Pada El’s Coffee House Bandar Lampung.

Marpaung, F. K., (2011), Pengaruh Store Environment terhadap Minat Pembelian Ulang pada Konsumen Metro Supermarket Medan Plaza, Skripsi tidak dipublikasikan, Medan: Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara.

Nurhayati dan Wahyu Wijaya Murti. (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Masyarakat Terhadap Produk Handphone. Value Added Vol. 8, No. 2, Maret 2012-Agustus 2012.

Pangihutan, F. A., & Hariwan, P. (2016). Analisis Pengaruh Customer Experience Terhadap Minat Beli Ulang Pada Wiki Koffie Bandung. eProceedings of Management, 3(1).

Potensi, Surabaya Jadi Incaran Pebisnis Kafe & Restoran baru (Diakses February 25, 2020). https://www.kabarbisnis.com/read/2868113/potensial--surabaya-jadi-incaran-pebisnis-kafe---restoran-baru.

Pramudita dan japarianto, (2012), “Analisa Pengaruh Customer Value dan Customer Experience terhadap Customer Satisfaction di De Kasteel Resto Surabaya”. Volume 1, No. 1, 10 July 2012.

Prastyaningsih, A. S. (2014). Pengaruh Customer Experience Terhadap Repurchase Intention (Niat Membeli Ulang)(Survei pada Konsumen KFC di Lingkungan Warga RW 3 Desa Kandangrejo, Kedungpring, Lamongan). Jurnal Administrasi Bisnis, 16(1).

Rudiyanto., (2011), Pengaruh Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Selli Fashion, Skripsi tidak dipublikasikan, Bandung: Fakultas Ekonomi Universitas Komputer Indonesia.

Schmitt, B. H. (1999). Experiential Marketing: How to Get Customer to Sense, Feel, Think, Act, Relate. New York: Free Press

Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa-Prinsip, Penerapan dan Penelitian. Yogyakarta: CV. ANDI.

Tuzunkan, D., & Albayrak, A. (2016). The importance of restaurant

physical environment for Turkish customers. J Tourism Res Hospitality 5, 1, 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.