PENGARUH HEDONIC SHOPPING VALUE TERHADAP IMPULSE BUYING DENGAN SHOPPING LIFESTYLE SEBAGAI MODERATOR PADA ONLINE SHOP CHOCOCHIPS

Yuliana Monika

Abstract


Perilaku impulse buying yang terjadi pada konsumen saat berbelanja secara online bisa dipengaruhi oleh berbagai macam faktor pendorong, seperti adanya pengalaman terhadap perilaku berbelanja secara hedonic dan juga dari shopping lifestyle konsumen sendiri. Dari penelitian ini penulis menemukan hasil bahwa ada hubungan signifikan antara hedonic shopping value konsumen terhadap impulse buying, dan variabel moderator penelitian yaitu shopping lifestyle memiliki pengaruh signifikan dalam memoderasi hubungan antara hedonic shopping value dan impulse buying. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen online shop Chocochips yang berbelanja secara online pada online shop Chocochips dalam 3 bulan terakhir dan mengikuti perkembangan trend Chocochips melalui e-mai/sosial media serta memiliki kartu anggota.

Keywords


Hedonic shopping value; impulse buying; shopping lifestyle; online shop

Full Text:

PDF

References


Abhigyan, S. (2011). Impact of Utilitarian and Hedonic Shopping Values on Individual’s Perceived Benefits and Risks in Online Shopping. International Management Review ICFAI, 7(1), 58-65.

Apria, S., A. Widad., Aslamia, R. (2015, April 01) Pengaruh Sales promotion, Personal selling, dan Visual merchandising terhadap perilaku Impulse buying konsumen matahari departement store PsX Palembang. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Terapan, 12(1), 45-56. doi:10.29259/jmbt.v12i1.3124

Arifianti. (2011). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Impulse Buying pada Hypermart di kota Bandung. Retrieved from www.academia.edu/download/43840226/Pengaruh_ Promosi_ Penjualan_Trhdp_Impulse_Buying_-_Ria_Arifianti.doc

Fransisco, J., et al. (2016). Hedonic Motivations in Online Consumption Behaviour. Int.J.Business Environtment, 8(2),121-151.doi: 10.1504/IJBE.2016.076628

J.Krishnan. (2011). Lifestyle – A Tool for Understanding Buyer Behavior. International Journal of Economics and Management, 5(1), 283-298.

Kirgiz. (2014). Hedonism, a Consumer Disease of The Modern Age : Gender and Hedonic Shopping. Global Media Journal, 4(8), 200-212.

Kotler, Philip, G.Armstrong. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. 1(12). Jakarta : Erlangga

Lia. O.P., Citra, K.D. (2015). Hedonic shopping motivation terhadap impulse buying pada toko online : Studi pada toko online Zalora. Bina Ekonomi, 19(2), 159-169.

M. Ardiansyah. (2018). Pengaruh hedonic motives terhadap shopping lifestyle dan impulse buying. Jurnal Atministrasi Bisnis, 57(1), 111-118.

Mutia, F. (2019, April 4). Perempuan Indonesia belanja online : Impulsif hingga tergiur gratis ongkir. Retrieved from https://money.kompas.com/read/2019/04/04/123029126/perempuan-indonesia-belanja-online-impulsif-hingga-tergiur-gratis-ongkir

N.T.Rahmawati. (2018). Pengaruh hedonic shopping value dan shopping lifestyle terhadap impulse buying dengan emosi positif sebagai variabel mediasi. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, 7(3), 315-326.

Prasetya, S.T. Rahardjo, (2016). Analisis pengaruh ketersediaan uang dan waktu, lingkungan toko, nilai belanja hedonis, dan emosi positif terhadap pembelian tak terencana. E-journal Undip, 5(3), 1-11.

Reynolds. W.R. Darden. (2011). Life Style and Psychographics. Chapter 3. Marketing Classic Press.

Verhagen. W.Van Dolen. (2011). The Influence of Online Store Beliefs on Consumer Online Impulse Buying : A Model and Empirical Application. Information & Management, 48, 320-327

Verplanken. A.G.Herabadi. (2001) Individual Differences in Impulse Buying Tendency : Feeling and No Thinking. European Journal of Personality, 15(1), S71-S83. doi:10.1002/per.423

Yvonne, W., Muhammad, T.S. (2018) Analisis online impulse buying dengan menggunakan framework SOR. Ejournal undip, 18, 133-140. doi:10.21456/vol8iss2pp133-140

Yosy, C.M., (2016). Kajian Terhadap Faktor Yang Mempengaruhi Impulse Buying Dalam Online Shopping. Universitas Machung. Vol 10(1), 64-75


Refbacks

  • There are currently no refbacks.